Jangan Hirau, Ini Manfaat Zakat yang Baik untuk Kehidupan

Nabila Mecadinisa25 Mei 2020, 15:00 WIB
zakat

Fimela.com, Jakarta Bagi umat muslim, membayar zakat masuk ke dalam 5 rukun islam yang wajib ditunaikan. Bahkan dalam kehidupan, ternyata zakat memiliki banyak manfaat yang bisa kamu rasakan.

Bisa dikatakan, zakat adalah salah satu cara untuk menyucikan harta dan kekayaan. Bahkan jenis zakat juga beragam, mulai dari zakat fitrah dan zakat mal.

Pada intinya, zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan umat islam kepada orang yang berhak menerimanya. Misalkan, fakir miskin sesuai dengan ketentuan islam.

Ternyata, membayar zakat punya banyak manafaat bagi kehidupan. Penasaran apa saja?

Manfaat berzakat bagi umat muslim

zakat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. Menyempurnakan Iman

Seperti yang dikutip dari Merdeka.com, Rasulullah SAW bersabda, " Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR. Bukhari: 13)

2. Menenangkan Hati

Dengan berzakat, maka akan melatih diri kita agar mampu belajar Ikhlas. Jad, di saat kita berzakat dengan tulus, tanpa paksaan, dan ikhlas, maka kamu melakukan kebaikan untuk orang lain dan akan memberikan keselamatan bagi diri.

Manfaat berzakat bagi umat muslim

zakat
Ilustrasi Zakat Fitrah Credit: freepik.com

3. Sebagai Pelindung Diri

Zakat mampu mencegah melindungi diri kita dari bencana yang diturunkan oleh Allah SWT ke bumi. Dengan berzakat, maka kita mampu memadamkan kemurkaaan Allah SWT.

4. Meningkatkan Rezeki

Berzakat juga mampu meningkatkan dan menyucikan kekayaaan. Bahkan dalam Hadist juga disebutkan jika Allah SWT akan meningkatkan kualitas hidup seseorang yang rajin berzakat “Kekayaan tidak akan berkurang karena amal.”

5. Meningkatkan Keberkahan

Zakat juga menjadi kunci agar harta kita menjadi berkah. Bukan berarti harta kamu akan menjadi banyak, namun, harta berkah adalah harta yang selalu ada saat dibutuhkan dan membuat pemiliknya selalu merasa tenang.

 

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓