Memahami 8 Hal yang Ingin Dikatakan Ibu Mertua di Hari Lebaran

Vinsensia Dianawanti26 Mei 2020, 15:00 WIB
Ibu Mertua

Fimela.com, Jakarta Hubungan dengan ibu mertua merupakan hubungan yang agak sedikit berbeda dengan lainnya. Di satu sisi, sosok ibu mertua bisa menjadi sosok yang menyayangi menantunya, namun di sisi lain bisa jadi sosok yang tidak disukai.

Di momen Lebaran ini menjadi waktu yang tepat untuk menjalin silahturahmi dan memperbaiki hubungan dengan ibu mertua. Meski tidak bertemu secara langsung akibat pandemi, kamu bisa tetap melakukan silahturahmi secara virtual.

Sebagai seorang ibu, tentu tetap bisa merasakan naluri terhadap kehidupan anaknya. Seperti dilansir dari Boldsky pada Minggu (24/5/2020) setidaknya ada beberapa hal yang mencoba ingin dikatakan pada ibu mertua terhadapmu. Jika ia tidak mampu menyampaikannya secara lugas, mungkin ini saatnya kamu untuk memahaminya secara mendalam.

1. Ia akan tetap menjadi ibu suamimu

Mungkin ini menjadi hal pertama yang ingin dikatakan ibu mertua kepada perempuan yang memasuki kehidupan putranya. Seberapa dekat hubungan dirimu dengan suami, kamu harus memahami bahwa ia tetaplah ibu dari suamimu. Kamu tidak membuat suami berada pada pilihan ibunya atau pernikahan yang kamu jalani.

2. Hanya ingin melihat anaknya bahagia

Tidak ada ibu yang tidak ingin anaknya memiliki hidup yanng bahagia. Sebagai ibu, tentu ia sangat mengharapkanmu untuk menciptakan kehidupan yang bahagia bersama suami dengan melakukan hal terbaik.

 

3. Mencoba memahami perspektifnya

Ibu Mertua
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sebagai orang yang lebih berpengalaman, tentu ibu mertua memiliki perspektif yang berbeda. Sehingga tidak ada salahnnya jika kamu mencoba memahami persektif ibu mertua soal metode yang ia jalani dalam menjalani hidup rumah tangga.

4. Ingin memahami perspektifmu

Ini yang jarang diketahui sebagai seorang menantu. Bahwa ibu mertua juga ingin memahami bagaimana perspektifmu dalam menjalani kehidupanmu. Sebagai orang yang beda generasi, kamu bisa mengenalkan apa yang sedang trending. Dengan demikian, ia bisa memahami apa yang mendasarimu mengambil keputusan. Kembali lagi, mengambil keputusan di jamannya dan jamanmu tentu berbeda.

5. Bisa memiliki percapakan yang terbuka

Jangan berpikir bahwa ibu mertua tidak ingin percakapan yang terbuka. Justru mereka suka berbincang beragam topik dan membagikan pengalamannya denganmu. Hal ini karena dia memahami bahwa kamu adalah bagian terpenting dari kehidupan anaknya.

 

6. Kamu bisa mengutarakan ekspektasi

Mertua
Dekat dengan ibu mertua | ilustrasi/copyright shutterstock.com

Baik dirimu maupun ibu mertua tentu memiliki ekspektasi masing-masing. Di saat yang sama, tentu ia berharap bisa mengetahui apa ekspektasimu. Sehingga kamu bisa mengekspresikan seperti apa ekspektasimu terhadap ibu mertua.

7. Ingin mendampingimu

Sesekali ibu mertua ingin menilik apakah kamu sudah melakukan hal yang benar atau belum. Sekaligus untuk semakin mengikat hubungan dengan mendampingimu menjalani rumah tangga.

8. Ingin melihat keharmonisan keluarga

Mungkin ibu mertua terlihat obsesi dengan keluargamu. Namun hal yang paling ia inginkan adalah kamu dan suami memiliki hubungan yang utuh dan bahagia.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓