5 Tips Merawat Rambut Bagi Perempuan Berhijab

Imelda Rahma24 Mei 2020, 19:45 WIB
Merawat Rambut

Fimela.com, Jakarta Berhijab bukan alasan bagi perempuan untuk tidak merawat rambut. Biarpun lebih sering tertutup, tetapi kesehatan rambut harus tetap terjaga. Rambut yang tidak dijaga dengan baik akan rusak serta membuatmu sendiri tidak nyaman. Berbagai permasalahan rambut, seperti rontok, kusam, dan lepek pasti sangat mengganggu.

Rambut yang ditutupi hijab seharian pastinya akan lembab dan mudah lepek, dan yang paling parah bisa juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu, kamu harus tetap menjaganya dengan merawat rambut. Jangan hanya hijabmu saja yang dirawat, rambut indahmu juga perlu dirawat.

Biasanya permasalahan rambut yang dialami oleh perempuan berhijab adalah ketombe yang menyebabkan rasa gatal tidak tertahankan. Selain ketombe, kondisi rambut yang tidak dirawat juga dapat menyebabkan rambut menjadi berminyak. Rambutmu bahkan bisa rusak karena kamu lalai merawatnya.

Nah, buat kamu para perempuan berhijab, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 tips merawat rambut yang bisa kamu coba di rumah. Rawat rambutmu sebaik kamu merawat hijabmu karena rambut yang terawat akan membuatmu semakin nyaman berhijab. Simak tipsnya berikut ini.

Menyisir Rambut Sebelum Mandi

Menyisir Rambut Sebelum Mandi
Ilustrasi Menyisir Rambut Credit: freepik.com

Tips pertama untuk merawat rambut bagi perempuan berhijab ialah dengan rajin menyisir rambut sebelum mandi. Disarankan untuk menggunakan sisir rambut dengan wide-tooth comb (sisir bergerigi jarang dan lebar dengan bentuk pipih tipis) untuk meluruskan kembali rambut yang kusut.

Mungkin tips ini terdengar biasa saja namun, menyisir rambut sangat penting agar rambut selalu dalam kondisi tertata. Jarang menyisir rambut akan membuat rambutmu jadi kusut dan ketika kusutnya sudah parah, tidak ada cara lain, selain memotong rambut karena sudah tidak bisa disisir sama sekali.

Menyisir rambut sebelum mandi tentu akan jadi langkah yang baik untuk menghindari rambut kusut dan rontok. Sikat rambutmu dua kali sehari. Dengan begitu, rambut tidak hanya akan rapih namun juga dapat membantu membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala.

Gunakan Masker Rambut

Gunakan Masker Rambut
Ilustrasi Masker Rambut Credit: freepik.com

Kedua, cara mearwat rambut bagi perempuan berhijab adalah rutin merawatnya dengan masker rambut. Masker rambut harus selalu jadi sahabat setia perempuan berhijab karena masker rambut sangat bermanfaat untuk merawat kelembapan rambut.

Selama mengenakan hijab, biasanya rambutmu akan kamu ikat dalam waktu yang lama, alhasil rambutmu jadi sulit bernapas dan tentunya mudah lepek. Oleh karena itu, agar rambut selalu dalam keadaan segar dan tidak lepek saat berhijab, kamu perlu merawatnya dengan menggunakan masker rambut seminggu sekali.

Masker rambut dapat mengunci kelembapan sehingga rambut tidak mudah mengalami masalah. Cara pakainya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskannya pada rambut lalu ratakan sambil memijat-mijat kepala agar lebih rileks. Jika sudah diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Pastikan Rambut Sudah Kering Sebelum Berhijab

Pastikan Rambut Sudah Kering Sebelum Berhijab
Ilustrasi Menggunakan Hair Dryer Credit: freepik.com

Selanjutnya, cara merawat rambut bagi perempuan berhijab yang tidak kalah penting untuk diterapkan ialah memastikan rambut kamu sudah benar-benar kering sebelum kamu ikat dan memakai hijab. Kondisi rambut yang masih basah lalu kamu paksa ikat dan kemudian lagsung berhijab akan menyebabkan kulit kepala berketombe.

Untuk mensiasatinya agar tidak memakan waktu lama ketika mengeringkan rambut, kamu bisa menggunakan hair dryer atau alat pengering rambut sehingga kamu bisa mengeringkan rambut dengan lebih cepat. Namun jangan terlalu sering juga menggunakan hair dryer karena bisa membuat rambut menjadi kering.

 

Memotong Rambut

Memotong Rambut
Ilustrasi Memotong Rambut Credit: freepik.com

Keempat, cara merawat rambut bagi perempuan berhijab berikutnya ialah memotong rambutnya setiap 6 minggu sekali. Tips ini sangat disarankan untuk kamu yang memiliki rambut panjang serta memiliki aktivitas yang padat sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk merawat rambut.

Selain itu, memotong rambut juga bisa menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan ujung-ujung rambut yang bercabang dan kering. Dengan begitu, rambutmu akan terbebas dari ujung yang bercabang dan kamu juga bisa merawat rambut dengan lebih praktis ketika memotong rambut yang sudah terlalu panjang.

Pilih Jenis Kain Hijab yang Bersahabat

Pilih Jenis Kain Hijab yang Bersahabat
Ilustrasi Perempuan Berhijab Credit: freepik.com

Terakhir, cara merawat rambut bagi perempuan berhijab ialah memilih jenis kain hijab yang bersahabat dengan kulit kepala. Hendaknya perempuan yang berhijab mengetahui jenis-jenis kain hijab sehingga bisa memilih dan memilah mana yang baik digunakan dan tentunya bersahabat dengan kulit kepala.

Jenis kain hijab yang baik adalah kain yang ramah kulit dan memiliki jalur keluar-masuk udara. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan kain chiffon atau katun, karena dua jenis kain ini seratnya memungkinkan bagi udara untuk masuk sehingga rambut juga dapat bernapas walaupun sedang ditutup kain dan diikat.

Lanjutkan Membaca ↓