Perut Begah Karena Banyak Makan Saat Lebaran? Ini Cara Mengatasinya

Nabila Mecadinisa27 Mei 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 27 Mei 2020, 13:30 WIB
Sakit perut asam lambung

Fimela.com, Jakarta Makan-makan saat Lebaran sudah jadi tradisi. Namun, terlalu banyak makan juga bisa membuat perut kaget dan terasa begah. Perut begah membuat kita merasa tidak nyaman.

Banyak cara untuk mengatasi perut begah yang terasa sesak dan mengganggu. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Hindari tiduran setelah makan

Saat merasa terlalu kenyang dan begah, biasanya kita cenderung memilih untuk tiduran. Namun, sebaiknya hindari posisi ini, sebab sistem pencernaaan manusia sudah dirancang untuk memproses makanan dalam posisi berdiri atau duduk. Maka usahakan untuk tidak segera tidur setelah makan.

Cara mengatasi begah setelah makan

Sakit perut asam lambung
Ilustrasi asam lambung. (Foto: TORWAISTUDIO/ shutterstock)

2. Ganti baju yang lebih longgar

Jika terlalu sesak, maka usahakan untuk mengganti baju yang lebih longgar. Cara ini tentu efektif untukmengatasi rasa sesak setelah makan.

3. Minum air hangat

Air hangat atau teh hangat tanpa gula bisa membantu meredakan rasa kurang nyaman pada perut yang sesak. Apalagi jika kamu konsumsi teh daun mint, maka gas dalam perut bisa terdorong dan mempercepat proses pencernaan.

4. Jalan

Lakukan olahraga ringan dengan berjalan kaki untuk mengatasi rasa begah. Cobalah untuk lakukan aktivitas ringan, sehingga rasa begaah bisa teratasi degan baik.

5. Konsumsi obat antasida

Obat antasida adalah solusi jitu yang dapat mengobati maag dan meredakan perut kembung. Di saat kamu merasa terlalu sesak, maka obat antasida bisa membantu mengatasi dengan cara menetralisir asam lambung yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓