7 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

Kezia Prasetya Christvidya01 Jun 2020, 14:15 WIB
madu-kezo

Fimela.com, Jakarta Madu biasanya identik dengan rasa yang manis dan berwarna cokeklat. Namun bitter black atau yang biasa disebut dengan madu hitam, merupakan jenis madu yang memiliki warna hitam pekat dan rasanya pahit.

Madu memiliki banyak rasa, karena pembuatan madu tergantung dari penyerapan sari tumbuhan yang berbeda oleh lebah. Madu hitam merupakan madu yang diserap lebah dari pohon mahoni.

Madu hitam memiliki warna pekat dan pahit, karena tidak melalui tahapan proses pembuatan madu seperti madu lain. Tetapi madu hitam memiliki banyak manfaat seperti madu yang lainnya.

Berikut 7 manfaat madu hitam, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Mengontrol Kadar Gula Darah

ilustrasi manfaat madu hitam/pexels
ilustrasi manfaat madu hitam/pexels

Memiliki warna hitam dam pekat, membuat madu hitam memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa membantu mengontrol kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Karena madu hitam bisa membantu mengontrol kadar gula darah, madu hitam ini sangat bermanfaat, jika dikonsumsi seseorang yang memiliki diabetes.

Madu hitam memiliki rasa yang pahit, sehingga kandungan gula yang terdapat di dalam madu hitam, tidak sebanyak kandungan gula yang terdapat pada madu biasanya.

Membantu Mengontrol Kolesterol

Di dalam tubuh memiliki 2 macam kolesterol, yaitu kolesterol jahat dan baik. Madu hitam memiliki manfaat untuk membantu mengontrol kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Madu hitam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, yang tidak baik untuk tubuh, dan bisa menyebabkan penyakit. Tubuh yang yang memiliki kandungan tinggi kolesterol, biasanya bisa menyebabkan penyakit seperti jantung, dan juga penyakit seperti stroke.

Jika kamu rutin mengonsumsi madu hitam, maka tubuh akan menjadi sehat karena kolesterol terkontrol, dan akan terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Mengatasi Asam Urat

ilustrasi manfaat madu hitam/pexels
ilustrasi manfaat madu hitam/pexels

Madu hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa membantu mengatasi asam urat, yang sering terjadi di tubuh orang dewasa. Asam urat biasanya ditandai dengan radang persendian, yang mengalami rasa nyeri pada bagian sendi, dan pembengkakan pada sendi yang membuat seseorang susah bergerak.

Asam urat biasanya terjadi pada bagian tubuh seperti lutut, jari tangan, pergelangan kaki dan jari kaki. Rutin mengonsumsi madu hitam, maka akan terhindar dari asam urat, dan tubuh akan menjadi sehat.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang selanjutnya, dapat melancarkan sistem pencernaan. Karena ada beberapa penyakit yang bisa mengganggu sistem pencernaan.

Biasanya asam lambung adalah penyebab gangguan pada pencernaan. Rutin mengonsumsi madu hitam, bisa membantu membuat kandungan asam lambung menjadi menurun.  Madu hitam bisa membantu mengatasi penyakit grasitis, tungkak lambung, dan masalah pencernaan yang bisa menghambat kinerja sistem pencernaan.

Meningkatkan Stamina

ilustrasi manfaat madu hitam/pexels
ilustrasi manfaat madu hitam/pexels

Madu hitam memiliki manfaat, yang bisa membuat tubuh lebih berstamina, saat menjalani aktivitas sehari-hari. Rutin mengonsumsi madu hitam, dipercaya dapat membuat tubuhmu lebih berstamina, lebih kuat dan lebih sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Madu hitam memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Madu hitam memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan yang terdapat di dalam madu hitam, bisa membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, yang bisa merusak sel-sel kekebalan tubuh.

Selain merusak sel-sel kekebalan tubuh, jika radikal bebas tidak dicegah, bisa menyebabkan penyakit seperti kanker. Madu hitam juga memiliki sifat antiinflamasi, yang bisa membantu menyembuh penyakit. Rutin mengonsumsi madu hitam akan membuat tubuhmu sehat.

Menjaga Kesehatan Kulit

ilustrasi manfaat mandu hitam/freepik
ilustrasi manfaat mandu hitam/freepik

Manfaat madu hitam yang terakhir, bisa untuk kesehatan kulit, atau memiliki fungsi untuk membantu merawat kulit. Madu hitam merupakan bahan alami, yang bisa digunakan sebagai masker wajah, untuk menjaga kesehatan kulit.

Karena sifat antiinflamasi dari madu hitam, madu hitam mampu mengatasi jerawat, dan dapat menyamarkan noda hitam pada wajah. Kandungan antioksidan yang ada di dalam madu hitam, juga bisa membantu menyamarkan kerutan wajah, yang disebabkan karena proses penuaan dini di wajah.

Jadi, demikian sekian manfaat madu hitam yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan selalu jaga kesehatan ya.

Lanjutkan Membaca ↓