5 Penyebab Mengapa Kamu Mudah Merasa Lapar

Imelda Rahma23 Mei 2020, 18:52 WIB
Lapar

Fimela.com, Jakarta Makan memang kebutuhan setiap manusia namun, akan menjadi tidak wajar jika kamu seringkali mudah merasa lapar. Biasanya rasa lapar akan mulai menyerang setiap 3-4 jam setelah makan. Jika kamu langsung merasa lapar kembali setelah selesai makan maka, ada masalah pada kesehatan tubuh yang menyebabkan kamu mudah merasa lapar.

Dalam istilah kesehatan, kondisi cepat mudah lapar ini dinamakan dengan polifagia yakni adalah istilah yang menggambarkan kondisi tubuh yang mudah lapar sekalipun baru selesai makan. Jika tidak diidentifikasi penyebabnya sejak dini dan kamu biarkan, bisa jadi kamu akan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan yang akan menimbulkan banyak masalah kesehatan lainnya pada tubuh.

Ketika kamu mudah merasa lapar, kamu juga akan menjadi tidak nyaman dan terganggu karena tidak bisa melakukan banyak aktivitas saat perutmu kelaparan. Akhirnya kamu akan terus makan dan menjadikan aktivitas makan bukan lagi kebutuhan tetapi kecanduan. Pasti hal tersebut bukan kebiasaan yang baik dan sehat, maka dari itu kamu harus cari tahu penyebabnya.

Nah, buat kamu yang bingung dan penasaran mengapa tubuhmu mudah sekali merasa lapar, simak ulasannya berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 5 penyebab mengapa kamu mudah merasa lapar. Cari tahu semua penyebabnya dibawah ini.

Kamu Sedang Mengalami Dehidrasi

Kamu Sedang Mengalami Dehidrasi
Ilustrasi Dehidrasi Credit: freepik.com

Penyebab mengapa kamu mudah merasa lapar yang pertama ialah karena sebenarnya kamu sedang mengalami dehidrasi. Pada dasarnya kamu sedang merasa haus namun kamu terkadang tidak bisa membedakannya sehingga kamu mengira tubuhmu sedang lapar. Kemudian, kamu akan berpikir untuk makan lagi dan bukannya.

Kondisi ini juga didukung oleh kebingungan di hipotalamus, bagian otak yang mengatur keduanya, nafsu makan dan haus. Untuk itu solusinya adalah memastikan asupan cairan kamu terpenuhi.   Jika suatu saat kamu merasa lapar, sebaiknya jangan langsung cari makanan atau cemilan, cobalah minum segelas air dan tunggu 15 sampai 20 menit untuk melihat apakah kamu masih merasa lapar atau tidak.

Kurang Tidur

Kurang Tidur
Ilustrasi Kurang Tidur Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Kedua, penyebab mengapa kamu mudah merasa lapar adalah kurang tidur. Bisa jadi kamu terlalu banyak begadang sehingga menyebabkan lonjakan kadar ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan, serta menurunkan kadar leptin, hormon yang menyebabkan perasaan kenyang.

Selain itu kualitas tidur yang buruk karena jam tidur yang berantakan cenderung membuat kamu juga mudah merasa lelah. Akibatnya, sistem pada tubuhmu akan membutuhkan energi, memicu hasrat untuk mengonsumsi gula. Sebaiknya, hindari begadang dan perbaiki jam tidur karena terlalu banyak begadang juga akan menyebabkan timbulnya sejumlah penyakit lain.

Kamu Sedang Mengalami Stres

Kamu Sedang Mengalami Stres
Ilustrasi Sedang Mengalami Stres Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Ketiga, penyebab kamu mudah merasa lapar adalah stres, mungkin kamu tidak menyadarinya namun, stres bisa membuatmu mudah merasa lapar. Pada saat kondisi stres, sistem tubuh akan meningkatkan produksi hormon stres adrenalin dan kortisol.

Kadar hormon yang meningkat ini menipu sistem tubuh sehingga kamu akan berpikir mendapat serangan dan membutuhkan energi melalui makanan, dan akhirnya nafsu makanmu pun akan mulai mengamuk. Stres juga dapat mengurangi kadar seretonin kimia otak, dan itu bisa membuat kamu mudah merasa lapar saat tidak tidur.

Salah Memilih Makanan

Salah Memilih Makanan
Ilustrasi Makanan Junk Food Credit: pexels.com/Polina

Keempat, penyebab kamu mudah merasa lapar berikutnya adalah karena salah memilih makanan. Bisa jadi kamu mengonsumsi junk food misalnya, yang rendah nutrisi serta tinggi kandungan lemaknya sehingga cenderung membuat kita cepat lapar.

Makanan junk dan fast food hanya akan mengobati rasa laparmu sesaat saja, lagipula makanan tersebut juga tidak sehat untuk tubuh. Sebaiknya daripada melahap junk food, lebih baik kamu memakan makanan yang tinggi protein dan lemak sehatnya seperti daging tanpa lemak, ikan, produk susu, dan yang tinggi seratnya seperti buah, sayur, whole grain, serta biji-bijian.

Gejala Diabetes

Gejala Diabetes
Ilustrasi Pemeriksaan Diabetes Credit: freepik.com

Terakhir, penyebab mengapa kamu mudah merasa lapar ialah bisa jadi tubuhmu sedang mengalami gejala diabetes. Setelah makanan masuk kedalam tubuh, maka gula di dalamnya akan diubah menjadi bahan bakar bernama glukosa yang beredar ke aliran darah. Tapi pada penderita diabetes, glukosa tadi tidak bisa menjangkau sel-sel tubuh karena fungsi hormon insulin yang terganggu.

Akhirnya glukosa tersebut akan menumpuk didalam darah dan sebagian dikeluarkan saat buang air kecil. Akibatnya tubuh tetap lemas, seolah-olah kamu terus-menerus kekurangan energi, kemudian kamu akan makan lagi untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar.

Lanjutkan Membaca ↓