Selamat Hari Raya Raya Idul Fitri dari Presiden Jokowi yang Tak Mudik Tahun Ini

Novi Nadya24 Mei 2020, 08:00 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Negara mengucapkan Selamat Hari Raya Lebaran

Fimela.com, Jakarta Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepala semua umat Islam di seluruh Indonesia. Dalam settingan duduk di meja makan dengan setelan serasi putih-putih dengan sang istri, ia juga meminta maaf di hari yang fitri. 

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah yang jatuh bertepatan pada Minggu, 24 Mei 2020. Mohon maaf lahir dan batin," ujar Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/5) melansir dari Liputan6.com.

 

Presiden Jokowi akan merayakan Idul Fitri dari Istana Bogor dan tidak akan mudik ke Solo seperti Lebaran tahun-tahun sebelumnya. Sebagaimana anjurannya untuk meniadakan mudik untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Ini sebagai komitmen dalam penerapan physical distancing dan mengurangi porensi penyebaran Covid-19," ujar Juru Bicara Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia, Sabtu (23/5).

 

Kesehatan diri sendiri dan sanak saudara jadi prioritas

Presiden Jokowi saat open house di Istana Jakarta, Rabu (5/6/2019)
Presiden Jokowi saat open house di Istana Jakarta, Rabu (5/6/2019). (Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin)

Presiden Jokowi juga mengatakan jika Hari Raya Idul Fitri tahun ini sepatutnya dimaknai dengan perayaan dengan cara yang berbeda. Karena seluruh dunia sedang dilanda pandemi Covid-19.

Selain tidak menjalani tradisi mudik, ia juga meminta untuk tidak bersilaturahmi secara langsung dengan berkunjung ke rumah sanak saudara. Meski berat, kesehatan terdekat tetap harus menjadi prioritas. 

"Saya merasakan hal ini sangatlah berat, tapi keselamatan handai tolan dan sanak saudara tentu lebih penting," pinta Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meyakini, jika rakyat Indonesia disiplin akan hal itu, niscaya pandemi Covid-19 bisa lebih cepat tertangani. "Saya yakin, bersama-sama kita bangsa Indonesia akan mampu melewati ujian berat ini," tutupnya. 

Simak video berikut

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓