5 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Setelah Lebaran

Imelda Rahma25 Mei 2020, 16:15 WIB
Makanan setelah lebaran

Fimela.com, Jakarta Pada saat lebaran, ada banyak makanan lezat yang pastinya sulit kamu hindari. Mulai dari opor, gulai, rendang, hingga kue-kue kering yang manis dan gurih akan menjadi santapan kamu selama merayakan lebaran. Jika kamu tidak membatasi makanan yang kamu konsumsi saat lebaran, bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Walaupun lezat dan nikmat namun makanan tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika tidak kamu batasi. Makanan bersantan, berlemak, dan manis bisa meningkatkan kolesterol dan naiknya gula darah yang membuatmu rawan terkena obesitas, darah tinggi, dan juga diabetes.

Oleh karenanya, ada baiknya kamu mengimbangi makanan-makanan lebaran dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu yang jauh lebih sehat. Tentunya mengonsumsi makanan sehat setelah lebaran adalah salah satu pola makan sehat yang harus kamu biasakan setelah lebaran. Pola makan yang sehat sangat menentukan kondisi kesehatan tubuh karena setiap hari kita mengonsumsi dan mendapatkan energi dari makanan.

Nah, buat kamu yang sekiranya sudah banyak melahap makanan berlemak, bersantan, dan manis-manis, perlu tahu pola makan sehat sebagai penangkalnya. Berikut Fimela.com akan membagikan informasi 5 tips mengatur pola makan sehat setelah lebaran. Cek apa saja tipsnya dibawah ini.

Mengonsumsi Sayur dan Buah

https://www.fimela.com/parenting/read/4258525/5-jenis-makanan-yang-baik-dikonsumsi-setelah-melahirkan
Ilustrasi Sayur dan Buah Credit: freepik.com

Tips mengatur pola makan sehat setelah lebaran yang pertama ialah sayur dan buah. Sayur dan buah akan selalu jadi daftar mutlak makanan sehat yang direkomendasikan, termasuk makanan yang sebaiknya kamu konsumsi setelah lebaran.

Ingat, selama lebaran, kamu banyak mengonsumsi makanan yang berisiko. Maka dari itu, perlu diimbangi dengan buah dan sayur. Serat dan vitamin pada buah dan sayur akan membantu memperbaiki sekaligus melancarkan sistem pencernaan. Ada banyak buah yang bisa kamu konsumsi seperti jeruk, apel, anggur, semangka, dan lain-lain.

Mulai Menghindari Makanan Berlemak dan Bersantan

Mulai Menghindari Makanan Berlemak dan Bersantan
Ilustrasi Sup Udang Credit: freepik.com

Selanjutnya, saat kamu mulai mengonsumsi buah dan sayur setelah lebaran, sebaiknya kamu hindari makanan yang berlemak dan bersantan. Jika kamu tidak sanggup menahannya maka, buah dan sayur yang kamu konsumsi akan menjadi percuma. Maksimalkan upaya pola hidup sehat dengan menghindari makanan yang berisiko

Perlu diketahui bahwa bagi orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan kurang baik, jangan memaksakan diri memakan makanan yang dapat memicu penyakit yang lebih parah. Hal ini perlu ditanamkan betul oleh mereka yang sudah lanjut usia, memiliki riwayat darah tinggi, dan gejala diabetes.

Mengonsumsi Oatmeal

Mengonsumsi Oatmeal
Ilustrasi Oatmeal Credit: freepik.com

Berikutnya, makanan yang sebaiknya kamu konsumsi setelah lebaran ialah oatmeal. Pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita bahwa oatmeal merupakan makanan yang sehat dan juga merupakan sajian favorit bagi mereka yang sedang diet. Oatmeal memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh sekaligus dapat membuatmu kenyang lebih lama.

Nah, setelah lebaran, ada baiknya kamu berpuasa dahulu dari makanan yang biasanya kamu konsumsi sehari-hari, yakni makanan yang masih berminyak. Kamu bisa sejenak beralih dulu ke oatmeal agar berat badan juga menjadi terkendali lagi dan kesehatanmu juga terjaga. Jangan khawatir dengan rasanya, kini ada banyak varian rasa oatmeal yang bisa kamu temukan dengan mudah di toko-toko maupun pusat perbelanjaan.

Menghindari Junk Food

Menghindari Junk Food
Ilustrasi Junk Food Credit: dreepik.com

Sama dengan rambu-rambu pada makanan yang berlemak dan bersantan, sebaiknya kamu menghindari dulu makanan junk food karena sudah jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh apalagi disaat setelah lebaran. Jika kamu memang memiliki tekad untuk menerapkan pola makan yang sehat maka, itu semua bisa dimulai dengan mengurangi kebiasaan mengonsumsi junk food.

Zat-zat pengawet yang ada pada junk food jika masuk ke dalam tubuh nantinya akan mengganggu metabolisme, apalagi jika kamu sering mengkonsumsinya. Junk food memang memiliki rasa dan tekstur yang sangat menggiurkan namun dampaknya kamu bisa mudah mengalami obesitas dan gangguan pencernaan lainnya.

Rajin Mengonsumsi Yoghurt

Rajin Mengonsumsi Yoghurt
Ilustrasi Yoghurt Credit: pexels.com/Daria

Terakhir, kamu bisa menerapkan pola makan sehat setelah lebaran dengan rajin mengonsumsi yoghurt. Yoghurt mengandung probiotik yang sehat untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan. Selain itu, terdapat juga kandungan lain yang sangat baik untuk tubuh, seperti kalsium, vitamin B12, kalium, fosfor, dan zinc.

Tentunya yoghurt sangat baik dikonsumsi setelah lebaran karena dapat membersihkan sistem pencernaan dari sisa-sisa makanan berlemak dan bersantan yang kamu makan pada saat lebaran. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa menyantap yoghurt dengan ditambahkan beri-berian, yang juga berkhasit untuk tubuh. 

Lanjutkan Membaca ↓