Jenis Bunga yang Bisa Dimakan untuk Kesehatan Tubuh

Kezia Prasetya Christvidya25 Mei 2020, 16:45 WIB
bunga-kezo

Fimela.com, Jakarta Bunga biasanya dijadikan hiasan rumah, dan juga bisa dijadikan hadiah untuk orang terkasih. Tak disangka ternyata bunga juga bisa dimakan.

Namun tidak semua bunga bisa dimakan. Bunga yang bisa dimakan adalah bunga yang sering disebut edible flower, dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Bunga yang bisa dimakan untuk kesehatan tubuh, bukanlah bunga yang ditanam menggunakan pestisida, atau bunga yang memiliki kandungan racun.

Bunga yang bisa dimakan memiliki tekstur dan rasa yang unik. Berikut jenis bunga yang bisa dimakan untuk kesehatan, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

 

Chamomile

ilustrasi bunga yang bisa dimakan/pexels
ilustrasi bunga yang bisa dimakan/pexels

Bunga pertama yang bisa dimakan adalah bunga chamomile. Bunga chamomile atau bunga kamomil ini, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga chamomile memiliki bentuk yang kecil. Bunga ini aman untuk dikonsumsi, dan sudah dijadikan bahan obat alami dari jaman dahulu.

Bunga yang memiliki rasa seperti buah apel ini, bisa membantu mencegah resiko sakit jantung, membantu mengatasi gangguan sistem pencernaan dan membantu tidur menjadi lebih lelap. Bunga chamomile memiliki kandungan antioksidan, sehingga bisa membantu melawan radikal bebas di tubuh, dan menambah sistem kekebalan tubuh.

Selain bisa langsung dimakan setelah bunga dicuci, bunga chamomile juga bisa di keringkan, dan diseduh menjadi teh.

Lavender

ilustrasi bunga yang bisa dimakan/pexels
ilustrasi bunga yang bisa dimakan/pexels

Selain dijadikan aroma ruangan, bunga lavender bisa dimakan, untuk menjaga kesehatan tubuh. Bunga lavender ini, juga sering dijadikan aromaterapi, untuk membantu mengusir serangga.

Bunga lavender juga bisa dimakan secara langsung, tanpa melalui proses pemasakan, dan memiliki rasa yang manis serta gurih. Bunga lavender memiliki kandungan vitamin A, yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata, dan juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah.

Bunga lavender juga memiliki kandungan mineral, seperti kalsium dan zat besi, yang berfungsi untuk mencegah osteoporosis. Mengonsumsi bunga lavender bisa membantu tubuh menjadi lebih relaks, membantu mengatasi stres, dan pereda nyeri saat haid.

 

Bunga Mawar

ilustrasi bunga yang bisa dimakan/pexels
ilustrasi bunga yang bisa dimakan/pexels

Bunga mawar yang cantik ini, ternyata bisa dimakan secara langsung, dan bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya sedap dipandang, bunga mawar yang memiliki aroma harum, memiliki rasa yang nikmat dan enak.

Mahkota bunga mawar bisa dimakan secara langsung, dijadikan garnis pada salad buah atau salad sayur, bahkan bisa diminum air rebusannya. Menurut penelitian, mengonsumsi bunga mawar bisa membantu mengurang resiko stres, dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Bunga Kembang Sepatu

ilustrasi bunga yang bisa dimakan/pexels
ilustrasi bunga yang bisa dimakan/pexels

Bunga kembang sepatu memiliki tampilan yang cantik, namun bisa dimakan secara langsung, dan bermanfaat untuk kesehatan. Bunga kembang sepatu memiliki mahkota yang lebar. Biasanya digunakan sebagai bahan pengobatan herbal, sejak dahulu kala.

Selain bisa dimakan secara langsung, mahkota bunga kembang sepatu bisa direbus dengan air, dan kemudian disajikan dalam bentuk teh.

Bunga kembang sepatu sangat membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti menjaga tekanan darah, dan membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Dandelion

ilustrasi bunga yang bisa dimakan/pexels
ilustrasi bunga yang bisa dimakan/pexels

Bunga terakhir yang bisa dimakan, adalah bunga dandelion, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bunga dandelion sering dianggap sebagai gulma, namun ternyata bunga ini bisa dimakan secara langsung, dan menyehatkan tubuh.

Tidak hanya bunga saja, bunga dandelion bisa dimakan akar, batang dan daunnya. Bunga dandelion bisa dimakan secara langsung, bisa diolah menjadi garnis salad, dan juga bisa dijadikan bahan agar-agar.

Bunga dandelion memiliki kandungan senyawa antioksidan, yang bisa membantu mencegah radikal bebas, yang bisa merusak sistem kekebalan di dalam tubuh.

Jadi, bunga apa favoritmu?

Lanjutkan Membaca ↓