Yuk, Pangkas 4 Pos Keuangan Selama Pandemi Virus Corona

Vinsensia Dianawanti29 Mei 2020, 12:00 WIB
Tips Keuangan/mlg

Fimela.com, Jakarta Masa pandemi mengakibatkan kekurangangan pendapatan hingga kehilangan pekerjaan bagi sebagian orang. Namun bagi kamu yang masih mendapat pendapatan normal, beruntunglah kamu. Ini menjadi saatnya kamu mengurangi pengeluaran demi keuangan yang lebih baik.

Kebijakan WFH secara otomatis memangkas sebagian pengeluaran yang biasanya dilakukan. Ada beberapa pos-pos keuangan yang bisa dikurangi untuk mengakali kondisi keuangan yang sedang tidak baik, seperti dilansir dari Purewow pada Selasa (26/5/2020).

1. Bahan makanan

Meski ada sejumlah merek bahan makanan yang bisa didapat dengan harga yang terjangka, ada baiknya kamu tetap berusaha mengontrol jenis bahan makanan yang hendak dibeli. Kamu perlu menetapkan anggaran yang tepat dan disiplin terhadap anggaran tersebut.

2. Jajan makanan online

Lelah bukan terus menerus memasak di rumah selama pandemi? Memang tidak ada salahnya kamu memesan makanan secara online untuk sedikit menikmati waktu. Namun selain makanan yang harus kamu bayar, tentu kamu harus membayar biaya pengiriman dan pajak yang dikenakan. Untuk itu, kamu perlu memilih dan memilah jenis makanan online yang hendak dibeli. Bila perlu, lebih baik kamu mendorong pertumbuhan bisnis kuliner lokal yang cenderung lebih terjangkau.

 

3. Layanan streaming

keuangan
ilustrasi finacial planning/copyright Rawpixel

Salah satu cara mengatasi kebosanan di rumah adalah dengan mengakses layanan streaming untuk menyaksikan film atau drama favorit. Tidak perlu mengakses semua layanan streaming. Cukup satu saja untuk digunakan sampai puas.

4. Peralatan olahraga

Olahraga menjadi kegiatan yang menarik dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Namun di tengah pandemi seperti ini, kamu perlu kembali bertanya apakah membeli peralatan olahraga sudah sesuai dengan kebutuhanmu? Jika kamu tidak membutuhkannya, kamu bisa menggunakan semua barang yang ada di rumah sebagai peralatan olahraga.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓