Sukses

Lifestyle

Panduan Berapa Lama Menyimpan Daging Sisa Lebaran di Kulkas

Fimela.com, Jakarta Daging menjadi salah satu menu utama yang wajib ada di meja makan saat lebaran tiba. Namun, tak jarang daging pun tersisa, ntah matang atau mentah yang akan disimpan di dalam lemari es atau kulkas.

Nah saat menyimpan daging di lemari es, kita harus tetap tahu berapa lama dapan disimpan dalam kulkas. Berikut penjelasnnya dilansir dari Guesehat.com dari WebMD.

Daging yang Sudah Dimasak

Simpan daging ayam atau sapi yang sudah dimasak dan matang di dalam kulkas, tapi harus dikonsumsi dalam kurun waktu 5 hari.

 

Daging belum matang

1. Daging ayam mentah

Daging ayam bisa bertahan di kulkas selama 2 hari. Jika disimpan di freezer dan ingin dikonsumsi, bisa mengeluarkannya selama beberapa saat. Jika tidak jadi dikonsumsi, bisa menyimpannya kembali di freezer, tapi kualitas rasa dan teksturnya akan menurun.

Sementara itu, untuk panduan waktu penyimpanan daging ayam mentah di freezer adalah:

Satu ayam utuh: 12 bulanDaging ayam yang sudah dipotong: 9 bulanDaging ayam giling: 3 - 4 bulanOrgan dalam ayam: 3-4 bulan

2. Daging Sapi Giling Mentah

Panduan Berapa Lama Menyimpan Daging Sisa Lebaran di Dalam Kulkas

Jika selama disimpan daging giling berubah warna menjadi agak coklat, bukan berarti dagingnya sudah basi. Tapi, daging giling biasanya memang tidak bisa bertahan selama daging mentah biasanya. Pasalnya, saat proses penggilingan daging sangat rawan terkena bakteri.

Untuk daging giling, jika disimpan di kulkas biasa, biasanya hanya bertahan selama 1 - 2 hari. Sementara itu, kalau dibekukan atau disimpan di freezer, daging giling bisa bertahan hingga 3 - 4 bulan.

 

Daging sapi bisa disimpan di kulkas bawah selama 3 - 5 hari, tapi kalau sudah melebihi dari waktu tersebut, sebaiknya dibuang saja. Kalau dagingnya disegel vakum, maka biasanya bisa bertahan beberapa hari lebih lama. Jika dibekukan atau disimpan di freezer, daging sapi mentah bisa bertahan hingga beberapa bulan, meskipun kualitas rasa dan teksturnya akan menurun.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading