5 Tips Cerdas Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Diabetes

Gayuh Tri Pinjungwati31 Mei 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 31 Mei 2020, 12:15 WIB
berat badan

Fimela.com, Jakarta Kelebihan berat badan bukan hanya faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2. Kelebihan berat badan juga bisa membuat hidup lebih sulit ketika kondisi kesehatan berkembang. Bahkan perubahan sederhana dalam cara makan dapat membuat perbedaan besar dalam hal mengurangi berat badan. Mengonsumsi makanan ringan sehat dapat dipilih dengan mudah di siang hari dapat membantu menjauhkan diri dari makanan yang menjadi faktor naiknya berat badan. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menurunkan berat badan saat diabetes.

Makan dengan Porsi Kecil dengan Piring yang Lebih Kecil

Makan dari piring yang lebih besar sering menganggap ukuran lebih kecil dari yang sebenarnya. Sementara makan dengan piring yang lebih kecil yang diisi dengan makanan akan membuat orang berpikir mereka benar-benar makan lebih banyak daripada yang sebenarnya. Untuk menurunkan berat badan saat menderita diabetes pilihlah piring yang lebih kecil dan mangkuk untuk membantu dirimu makan lebih sedikit dan merasa lebih puas.

Minum Segelas Air Sebelum Makan

Sebelum makan, cobalah untuk mengambil beberapa tegukan dari segelas air. Minum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan bagi penderita diabetes dengan menjaga diri dari makan berlebihan. Air akan membantumu merasa kenyang lebih cepat dan membuat tubuh tetap terhidrasi. Mulailah makan siang atau makan malam dengan salad bergizi atau semangkuk sup rendah sodium dan rendah lemak.

Membuat Jurnal Menu Makan

Menuliskan apa yang dirimu makan dapat membuatnya lebih mudah untuk mengontrol apa yang dikonsumsi tubuh saat dirimu melakukan diet. Faktanya sebuah penelitian menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang secara konsisten menuliskan apa yang mereka makan dapat menurunkan beberapa kilo berat badan, daripada mereka yang tidak membuat jurnal menu makan sehat akan cenderun tidak mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

Lebih Banyak Bergerak

ilustrasi kurang olahraga menyebabkan berat badan naik/pexels
ilustrasi kurang olahraga menyebabkan berat badan naik/pexels

Sahabat Fimela tentun tahu perlunya berolahraga untuk menurunkan berat badan, tetapi perlu diingat bahwa menemukan cara-cara kecil untuk aktif sepanjang hari juga dapat membantu membakar kalori. Mulailah dengan hanya berdiri, dalam waktu satu jam dengan gerakan kecil lainnya, dapat membakar sekitar 186 kalori. Lakukanlah berjalan-jalan dan peregangan atau sit-up selama 30 menit untuk membakar kalori dalam tubuh.

Biasakan Berjalan Setiap Setalah Makan

Tambahkan waktu 10 menit berjalan kaki setelah makan untuk membantu menggabungkan olahraga yang sangat penting untuk kontrol gula darah serta penurunan berat badan. Orang yang berisiko terhadap gula darah tinggi yang berjalan selama 15 menit setelah makan dapat mengontrol gula darah  yang lebih baik daripada mereka yang memilih jalan pagi atau sore hari selama 45 menit.

Menurunkan berat badan bagi penderita diabetes tidak harus menghilangkan beberapa kelompok makanan utuh. Berusahalah untu mengonsumsi makanan dan camilan sehat dan seimbang.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓