Kesehatan adalah Rezeki Terbaik yang Harus Kita Jaga

Endah Wijayanti28 Mei 2020, 07:45 WIB
Minum Air Putih

Fimela.com, Jakarta Punya kisah atau kesan tak terlupakan terkait bulan Ramadan? Atau mungkin punya harapan khusus di bulan Ramadan? Bulan Ramadan memang bulan yang istimewa. Masing-masing dari kita pun punya kisah atau pengalaman tak terlupakan yang berkaitan dengan bulan ini. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam My Ramadan Story: Berbagi Kisah di Bulan yang Suci ini.

***

Oleh: Yully Putria

Sudahkah kamu mengenal diri sendiri? Jawabannya tidak ada yang salah kok. Hanya saja, kamu jadi lebih tahu mana yang baik dan buruk untuk diri sendiri. Beberapa hari sebelum Ramadan, saya jatuh sakit (asam lambung) dan memutuskan untuk tidak puasa di hari pertama. Di hari berikutnya, alhamdulilah saya niatkan untuk berpuasa.

Qadarullah, di pertengahan Ramadan, saya kembali jatuh sakit karena masalah sistem pencernaan. Bagaimana rasanya? Rasanya cukup menyiksa karena setiap manusia pasti punya harapan besar untuk beribadah dengan maksimal, terutama di bulan Ramadan. Ini merupakan pertama kalinya saya batal puasa dengan jumlah hampir setengahnya. Tapi, ini kehendak Allah SWT. Penyakit ini tidak hanya didatangkan begitu saja tetapi ada hal yang baik di balik ini semua.

Gaya Hidup Sehat

ilustrasi minum air putih/pexels
ilustrasi./pexels

Sempat istirahat total di rumah membuat saya memanfaatkan waktu untuk berpikir, "Sudahkah kamu mengenal dan memahami diri sendiri?" Saya coba memahami satu per satu, apa yang telah saya lewatkan saat saya sehat sebelumnya. Waktu untuk olahraga, asupan makanan, gaya hidup, dan lainnya sangat perlu untuk dipelajari lagi. Setidaknya saya jadi tahu, bagaimana melawan rasa malas dan tidak suka. Bagaimana rencana untuk memulai gaya hidup yang lebih baik.

"Hindari makanan pedas, perbanyak minum air putih, konsumsi sayur dan buah, manfaatkan waktu untuk olahraga," ujar dokter di ruang bedah itu. Sekilas catatan yang akan saya ingat selalu.

Alhamdulilah, terima kasih Ramadan 2020, saya jadi lebih menghargai dan memahami diri sendiri. Saya rasa, doa panjang umur dan sehat selalu menjadi aamiin paling serius. Kamu juga ya, semoga panjang umur dan sehat selalu. Amin.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓