4 Kelebihan Orang yang Suka Kerapian

Endah Wijayanti27 Mei 2020, 13:12 WIB
suka kerapian

Fimela.com, Jakarta Setiap orang punya kecenderungan masing-masing dalam menjalani rutinitasnya. Seperti dalam menjaga kerapian ruangan atau lingkungan di sekitarnya. Ada yang cenderung santai dengan situasi yang berantakan, ada juga yang sangat suka kerapian. Nah, kali ini kita akan membahas soal kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh orang yang suka kerapian.

Ada yang bilang lingkungan yang berantakan bisa memicu kreativitas dan membebaskan batasan-batasan. Bagi yang sering hidup atau terbiasa dengan lingkungan berantakan, hal itu bisa saja benar. Namun, orang yang suka kerapian memiliki keistimewaan sendiri. Berikut sejumlah kelebihan yang umumnya dimiliki oleh orang yang suka kerapian.

1. Mudah Mengelola Stres

Melansir vice.com dalam Why Cleaning Makes Some People Feel Less Anxious, orang yang tinggal di lingkungan yang bersih dan rapi tidak gampang stres. Kondisi yang berantakan bisa merusak daya konsentrasi dan fokus. Hal-hal yang berantakan membuat otak harus bekerja keras untuk memproses informasi dan menyulitkan kita untuk rileks. Sedangkan lingkungan yang bersih dapat bantu merilekskan pikiran. Selain itu, saat sedang stres, kegiatan merapikan sesuatu bisa jadi pengalih perhatian dan hal ini secara tidak langsung bisa merilekskan tubuh serta pikiran. Sebab kita bisa menyalurkan dan membuang energi negatif dengan merapikan atau membereskan sesuatu. Kegiatan bersih-bersih atau beres-beres menjadi salah satu cara efektif untuk mengelola stres.

2. Lebih Teliti dan Sangat Peka terhadap Hal-Hal Kecil

Misalnya, untuk memastikan sebuah ruangan benar-benar rapi maka berbagai hal perlu dicek. Membuang semua sampah dan menyingkirkan barang-barang yang tak diperlukan. Mengatur dan menata kembali segala sesuatu agar tampak rapi. Orang yang suka kerapian cenderung sangat teliti. Selain itu, sangat peka terhadap hal-hal kecil dan terperinci. Kemampuan ini menjadi kelebihan seseorang yang suka kerapian karena bisa berdampak pada caranya berkerja atau menuntaskan tanggung jawab pekerjaan.

 

 

3. Pandai Mengatur Waktu

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Mengutip thoughtcatalog.com dalam 5 Reasons Neat People Are More Successful, orang yang suka kerapian bisa menghemat waktu. Karena memastikan segalanya rapi dan berada pada tempatnya, ketika akan memulai sebuah aktivitas bisa mempersiapkan diri dengan cepat. Tidak kebingungan mencari barang-barang atau benda yang dibutuhkan karena semua sudah tertata dengan rapi. Kebiasaan bersih-bersih atau beres-beres juga bisa membuat hidup lebih terstruktur.

4. Punya Daya Tarik yang Menonjol

Meski orang yang suka kerapian kadang perfeksionis dan suka mengontrol berbagai hal seorang diri, tapi ia punya daya tarik tersendiri. Bahkan daya tariknya bisa lebih menonjol dibandingkan orang lain. Orang yang suka kerapian bisa menghadirkan kesan mudah diandalkan. Sebab ia mampu dan sudah terbiasa mengatur berbagai hal sendiri, maka orang lain bisa lebih mudah percaya padanya saat menyerahkan sebuah tanggung jawab.

Jadi, apakah kamu termasuk orang yang suka kerapian dan memiliki kelebihan-kelebihan di atas? Optimalkan kelebihan yang dimiliki dan jadikan hidupmu lebih bahagia, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓