Alasan Berkata 'Tidak' Perlu Kamu Lakukan

Ayu Puji Lestari27 Mei 2020, 12:50 WIB
Zodiak

Fimela.com, Jakarta People pleaser adalah sebutan untuk orang yang tidak bisa berkata tidak. Segala hal yang dikatakan orang lain untuknya sebisa mungkin dilakukan. Tak peduli meskipun fisik dan mentalnya kelelahan.

People pleaser akan selalu berkorban untuk orag lain, hingga di tingkat ekstrim ia akan mengorbankan dirinya sendiri. Ia pun rela menanggung bebannya sendiri dan tidak menunjukkannya pada orang lain. Lalu apa sebenarnya yang melatarbelakangi seseorang menjadi people pleaser?

Seseorang takut dan enggan berkata tidak biasanya disebabkan oleh ketakutan akan penolakannya. Ia tidak terima jika ditolak. Maka dengan segala usaha ia akan melakukan apapun untuk selalu diterima, termasuk selalu berkata 'Iya'.

Cara Menghindari Diri dari Menjadi People Pleaser

zodiak
ilustrasi perempuan serius/Photo by Mirko Krizan on Unsplash

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar bisa terhindar dari jebakan people pleaser. Sesekali kamu perlu berkata tidak dan menolak apa yang tidak sesuai dengan kata hatimu. Bagaimana caranya?

Dengarkan Kata Hatimu

Jika ada hal yang tidak membuatmu nyaman, maka dengarkan kata hatimu. Mendengarkan kata hati tidak akan pernah membuatmu menyesal. Jadi, jika kamu sudah merasa lelah tanyakan pada hatimu hal ini perlu kamu kerjakan atau lebih baik menolaknya.

Menolak Bukanlah Kejahatan

Saat menolak akan sesuatu mungkin akan timbul perasaan bersalah dan tidak nyaman. Tidak perlu khawatir, yakinlah tindakanmu bukanlah kejahatan. So, tetap santai jika memang tidak nyaman jangan ragu untuk menolaknya.

Percayalah tidak semuanya adalah tanggung jawabmu. Saat orang lain marah karena penolakanmu, ingatlah mereka hanya memanfaatkanmu. Hindari perasaan tidak enak. Ingat, hidup semua orang bukan tanggung jawabmu. Tetap, semangat ya!

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓