4 Kelebihan Orang yang Nyaman dengan Kondisi Berantakan

Endah Wijayanti27 Mei 2020, 14:45 WIB
suka berantakan

Fimela.com, Jakarta Ada orang yang sangat suka kerapian. Ada juga yang nyaman dengan kondisi berantakan, bahkan dengan sengaja membiarkan hal-hal di sekitarnya berantakan. Masing-masing orang pun punya kelebihan tersendiri dari gaya hidup atau kebiasaan-kebiasaannya. Termasuk orang yang cenderung suka berantakan, ada kelebihan-kelebihan sendiri yang ia punya.

Bila kamu termasuk orang yang cenderung suka dengan kondisi berantakan, coba kenali lagi kelebihan dan keistimewaan yang kamu punya. Siapa tahu dari sini kamu bisa mengoptimalkan diri jadi seseorang yang lebih baik lagi.

1. Cenderung Kreatif

Melansir rd.com dalam The 6 Hidden Strengths of Being a Messy Person, banyak orang genius yang bekerja di studio atau kantor yang berantakan. Bagi mereka, yang tampak berantakan itu "tidak berantakan" melainkan dari situasi yang berantakan itu mereka melihat peluang dan kemungkinan. Hal-hal yang tampak berantakan bisa membuka cara baru atau sudut pandang baru terhadap sesuatu.

2. Spontan dan Fleksibel

Saat ada sesuatu yang berubah atau sesuatu berada tidak pada tempatnya, ia tidak mudah panik. Ketika ada rencana yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan, tidak mudah stres. Orang yang nyaman dengan situasi yang berantakan punya kecenderungan memiliki sifat spontan dan fleksibel. Tidak kaku atau mudah stres saat menghadapi perubahan di sekitarnya.

3. Mudah Mendapatkan Ide-Ide Cemerlang

zodiak mingguan
ilustrasi./Photo by Kha Ruxury from Pexels

Peneliti di University of Minnesota menemukan bahwa orang yang berada di lingkungan yang berantakan bisa memiliki ide-ide yang lebih baik. Dalam penelitian mereka, mereka bertanya pada orang-orang yang berada di ruang yang rapi dan berantakan untuk mengisi serangkaian formulir. Salah satu pertanyaannya adalah meminta para subjek untuk membuat ide-ide alternatif dalam penggunaan bola ping-pong. Para ilmuwan sangat terkesan dengan ide-ide yang dihasilkan oleh orang-orang yang suka berantakan. Teorinya adalah lingkungan yang tidak tertata rapi membantu mereka keluar dari tradisi. Kabar baiknya lagi tempat yang berantakan bisa menjadi pembangkit ide.

4. Memiliki Cara Unik Sendiri dalam Menata Barang-barangnya

Menurut penulis A Perfect Mess: The Hidden Benefits of Disorder, orang yang suka berantakan punya cara-cara unik tersendiri dalam merapikan atau menata barang-barangnya. Orang lain mungkin melihat meja yang berantakan sebagai meja yang kotor, tapi pemilik meja itu bisa sangat tahu dan paham benda apa saja dan lokasinya di meja tersebut. Meski sesuatu tampak berantakan tapi bagi sebagian orang yang berantakan itu justru memudahkan mereka untuk mengakses semua kebutuhannya.

Jadi, kira-kira apakah cocok dengan karaktermu atau seseorang yang suka dengan kondisi yang berantakan? Yang jelas tetap jaga kebersihan semua tempat dan benda-benda milikmu, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓