3 Tips Menjaga Kesehatan saat Work From Home Setelah Lebaran

Anisha Saktian Putri28 Mei 2020, 12:00 WIB
ilustrasi work from home/unsplash Kenzo

ringkasan

  • Menyediakan waktu selama 30 menit setiap hari untuk berolahraga untuk tetap sehat
  • Mengelola rutinitas olahraga, mengonsumsi makanan sehat dan cukup istirahat adalah beberapa cara terbaik untuk menjaga kesehatan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Idul Fitri 1441 Hijrah telah usai, namu biasanya setelah lebaran ada masalah kesehatan yang mungkin terjadi. Hal ini dikarenakan makanan yang kita konsumsi tidak terkontrol, ditambahkan lagi banyak dari kita kurang bergerak dikarenakan harus di rumah saja atau work from home selama masa pandemi virus corona.

Masalah yang terjadi pasca lebaran diantaranya sakit tenggorokan, pusing, gangguan pencernaan, kolesterol tinggi, hipertensi hingga gula darah meningkat. Nah agar tidak terjadi masalah kesehatan tersebut, sahabat Fimela dapat melakukan pola hidup sehat.

Atlit Olimpiade Inggris sekaligus Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife Nutrition, Samantha Clayton membagikan tips menjaga kebugaran work from home setelah lebaran, apa saja? Mari kita simak.

1. Mempertahankan Rutinitas

Samantha Clayton/dok. Herbalife Nutrition
Samantha Clayton/dok. Herbalife Nutrition

Sama seperti pentingnya melakukan latihan yang konsisten guna mencapai tingkat kebugaran yang stabil, saat ini perlu untuk terus mengembangkan atau paling tidak menjaga "rutinitas atau budaya kerja" secara konsisten.

Lebih baik tetap konsisten melakukan rutinitas kerja ‘normal’ dengan tetap bangun pagi, mandi, berpakaian kerja, minum kopi atau teh, mengatur meja kerja dan bekerja seperti biasanya. Menjaga rasa ‘normal’ ini akan membantu tetap fokus pada tugas-tugasmu.

2. Olahraga teratur

Sebaiknya menyediakan waktu selama 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Jika menjadikan olahraga sebagai bagian dari jadwal harian, nantinya olahraga akan menjadi sesuatu yang dibutuhkan di tengah hari-hari kerja yang monoton.

Sebagai tambahan, ada penelitian yang menghubungkan duduk untuk waktu yang lama dengan sejumlah masalah kesehatan yang dapat timbul seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan nyeri punggung. Bahkan jika ‘menjaga kesehatan’ bukan menjadi prioritas bagi, ketahuilah bahwa tubuh akan secara alami melakukan pelepasan endorfin selama melakukan olahraga sehingga akan meningkatkan mood.

Oleh karena itu, selama masa penuh tekanan seperti ini salah satu manfaat terbesar dari melakukan olahraga teratur adalah membuat anda dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dan melalui kehidupan dengan perasaan yang lebih ringan.

3. Diet Seimbang

Mengelola rutinitas olahraga, mengonsumsi makanan sehat dan cukup istirahat adalah beberapa cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil fisik dan emosional terbaik. Mengkonsumsi cemilan sehat sepanjang hari dengan asupan buah-buahan, keju, dan yogurt tidak hanya akan membuat kenyang, tetapi juga mudah untuk dinikmati ketika lupa waktu karena bekerja sepanjang hari. Selain itu, diet seimbang dengan banyak protein akan membuat perut merasa kenyang sehingga tidak terus menerus mengunjungi lemari es.

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓