Teman Judes tapi Jujur Bisa Menjadi Sahabat Terbaik yang Kita Punya

Endah Wijayanti28 Mei 2020, 12:27 WIB
sahabat makin dewasa

Fimela.com, Jakarta Setiap teman yang kita punya memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Di antara kita pun pasti ada yang punya teman yang judes, blak-blakan, tapi selalu jujur. Dia tipe orang yang selalu berkata apa adanya, meski kadang yang dikatakannya menyakitkan tapi ia tak pernah berbohong.

Teman judes, blak-blakan, tapi jujur bisa menjadi sahabat terbaik yang kita punya. Bahkan persahabatan kita dengannya bisa yang paling awet. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Association for Psychological Science, ada teman dekat yang sengaja memperlihatkan perasaan negatif pada sahabatnya karena ia yakin bahwa perasaan negatif itu bisa bermanfaat dalam jangka panjang. Serta alasan utama ia bisa begitu blak-blakan adalah karena ia peduli.

 

 

Kejujurannya Bukti Kepeduliannya

teman
ilustrasi persahabatan/copryight Pexels

Bayangkan kita sedang mengalami sebuah masalah. Kita sangat kalut dengan masalah tersebut sehingga sulit untuk berpikir jernih. Hiburan hingga kata-kata bijak dari orang lain tak bisa menenangkan diri kita. Lalu muncullah seorang teman kita yang langsung blak-blakan dan jujur mengungkapkan perasaannya pada kita. Bahkan ia mungkin akan memarahi kita karena terlalu banyak galau dalam menghadapi masalah tersebut.

Keberadaan teman yang senantiasa jujur meski kadang agak judes dalam menyampaikan perasaannya bisa sangat kita butuhkan pada situasi-situasi tertentu. Teman yang seperti itu selalu bisa menyadarkan kita untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang baru. Serta membantu kita untuk berani menghadapi realita yang ada. Dia bisa benar-benar membuka mata kita untuk lebih berani mengambil jalan keluar atau solusi terbaik dari masalah yang kita punya.

Kejujuran seorang teman bisa menjadi bentuk kepeduliannya yang paling besar. Tak heran kadang persahabatan kita dengan teman yang agak judes tapi selalu jujur bisa yang paling langgeng. Kalau Sahabat Fimela sendiri, apakah punya pengalaman menarik berteman atau bersahabat dengan tipe teman yang seperti ini?

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓