Kehamilan Selalu Menghadirkan Kebahagiaan Tersendiri

Endah Wijayanti29 Mei 2020, 15:08 WIB
ibu hamil membaca

Fimela.com, Jakarta Punya kisah atau kesan tak terlupakan terkait bulan Ramadan? Atau mungkin punya harapan khusus di bulan Ramadan? Bulan Ramadan memang bulan yang istimewa. Masing-masing dari kita pun punya kisah atau pengalaman tak terlupakan yang berkaitan dengan bulan ini. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam My Ramadan Story: Berbagi Kisah di Bulan yang Suci ini.

***

Oleh: Qurrota A'yun El-Wafa

Ramadan kali ini sangat berbeda dengan Ramadan sebelumnya. Selain karena berpuasa di tengah pandemi, juga karena kehamilanku di trimester kedua di bulan suci Ramadan ini. Ada banyak kekhawatiran berkecamuk dalam hati dan pikiranku.

Banyak tantangan yang harus dihadapi di antaranya sahur dan berbuka di rumah setiap hari, tidak ada acara buka bersama di luar, dan tidak ada ngabuburit di luar sambil berburu takjil. Tapi alhamdulillah masih bisa beli-beli makanan atau minuman kalau lagi ngidam pakai layanan food online.

Alhamdulillah juga masih bisa salat tarawih berjamaah di masjid karena di daerah saya termasuk zona hijau. Tentunya pelaksanaannya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ya. Para jamaah diharuskan mencuci tangan sebelum dan sesudah masuk masjid, menjaga jarak antar jamaah, dan tidak berjabat tangan.

 

Puasa

Kehamilan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Thanakorn.P

Di sisi lain, Ramadan tahun ini menjadi Ramadan paling spesial buatku karena aku sedang hamil. Dari dulu aku ingin sekali hamil di bulan Ramadan karena aku ingin merasakan tidak punya utang puasa. Bisa puasa sebulan penuh dan nggak bolong. Alhamdulillah tahun ini keinginan itu benar-benar terwujud, aku hamil di bulan Ramadan dan saat ini usia kehamilanku 25 minggu.

Ini adalah kehamilanku yang ke-5. Ketiga anakku nomor 1-3 laki-laki semua. Sedangkan yang ke-4, aku mengalami keguguran di usia 6 minggu kehamilanku, tepat satu tahun yang lalu pada akhir bulan Mei. Karena momen hamil di bulan Ramadan adalah momen yang sangat aku inginkan, aku sangat bersemangat melewati hari-hari di bulan ini. Hingga puasa hari ke-15 alhamdulillah puasaku utuh dan harapannya semoga bisa puasa full sampe penghujung bulan Ramadan.

Tips lancar puasaku simpel aaja. Dari sebelum Ramadan hingga saat ini, aku sudah sering membisikkan ke bayi dalam rahim, "Adek, nanti kita puasa bareng ya, yang kuat, nggak boleh rewel, oke? Bunda bangga sama Adek." Selain itu, aku selalu menjaga pola makan bergizi seimbang dan juga rajin minum susu khusus ibu hamil saat sahur dan berbuka puasa.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓