5 Jenis Makanan Terbuat dari Susu yang Secara Alami Rendah Laktosa

Gayuh Tri Pinjungwati29 Mei 2020, 20:15 WIB
susu

Fimela.com, Jakarta Orang yang intoleransi laktosa sering menghindari mengonsumsi produk susu. Ini biasanya karena mereka khawatir bahwa susu dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Makanan yang terbuat dari susu sangat bergizi dan tidak semuanya tinggi laktosa. Berikut ini adalah beberapa produk susu yang rendah laktosa.

Mentega

Mentega adalah produk susu sangat tinggi lemak. Produk akhir dari mentega adalah sekitar 80% lemak, karena bagian cairan susu yang mengandung laktosa dibuang selama pemrosesan. Ini berarti bahwa kandungan laktosa dari mentega sangat rendah.

Keju

Keju dibuat dengan menambahkan bakteri atau asam ke dalam susu dan kemudian memisahkan dadih keju. Namun, jumlah laktosa yang ditemukan dalam keju dapat bervariasi. Ini karena bakteri dalam keju mampu memecah beberapa laktosa yang tersisa. Semakin lama usia keju, semakin banyak laktosa yang dipecah oleh bakteri di dalamnya.

Yogurt Probiotik

Manfaat Yogurt untuk Buka Puasa
Yogurt / Sumber: iStockphoto

Orang yang menghindari laktosa sering menemukan yogurt lebih mudah dicerna daripada susu. Ini karena sebagian besar yogurt mengandung bakteri hidup yang dapat membantu memcah laktosa. Cobalah untuk mencari yogurt dengan label “probiotik” yang artinya mengandung bakteri yang hidup.

Bubuk Protein

Memilih bubuk protein bisa sangat sulit bagi mereka yang menghindari laktosa. Ini karena bubuk protein biasanya dibuat dalam susu yang merupakan bagian cair susu yang mengandung laktosa. Pilihan terbaik untuk individu yang peka terhadap laktisa mungin adalah bubuk protein yang mengandung rendah laktosa.

Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang secara tradisional dibuat dengan menambahkan biji-biji kefir ke dalam susu. Seperti yogurt, biji-bijian kefir mengandung bakteri hidup yang memecah dan mencerna laktosa dalam susu. Penelitian menemukan bahwa produk susu fermentasi seperti yogurt atau kefir dapat mengurangi intoleransi sebesar 54-71%.

Berikut tadi beberapa jenis produk susu yang rendah laktosa, yang mungkin beberapa dari Sahabat Fimela menghindari laktosa karena beberapa alasan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓