5 Tips Cegah Wajah Bengkak saat Bangun Pagi

Endah Wijayanti02 Jun 2020, 09:25 WIB
tips bangun pagi

Fimela.com, Jakarta Pernah bangun pagi dengan keadaan wajah yang tampak bengkak? Pastinya tidak nyaman sekali ya rasanya. Untuk mencegah wajah bengkak atau tampak sembap pada pagi hari, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan pada malam hari sebelum tidur.

Biasanya wajah bengkak saat bangun pagi akan pulih dengan sendirinya pada waktu beberapa jam kemudian. Mengutip bustle.com, Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di New York City mengungkapkan bahwa wajah kemerahan dan bengkak bisa disebabkan oleh meningkatnya peradangan dan menurunnya sirkulasi serta penumpukan cairan di sekitar mata dan pipi. Hal ini wajar terjadi karena posisi tubuh yang horizontol selama berjam-jam saat tidur. Jika kondisi wajah bengkak pada pagi hari dirasa cukup mengganggu, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegahnya.

1. Minum Cukup Air Putih

Dehidrasi adalah salah satu penyebab umum wajah bengkak atua sembap pada pagi hari. Untuk itu usahakana untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum cukup air putih. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, retensi cairan dalam tubuh bisa teratasi.

2. Hindari Makanan yang Mengandung Garam

Dr. Nazarian mengatakan, "Garam menarik lebih banyak cairan dan membuat wajah tampak bengkak." Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebihan sebelum tidur. Bagi yang punya kebiasaan menikmati camilan seperti keripik asin dan kudapan asin, sebaiknya hindari. Hindari juga mengonsumsi makanan berat yang terlalu tinggi kandungan sodiumnya seperti mi instan sebelum tidur.

 

3. Gunakan Bantal

tidur saat haid
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Posisikan kepala lebih tinggi dari tubuh dengan menggunakan bantal. Dengan begini sirkulasi limpa dan darah bisa meningkat dan bantu cegah mata bengkak atau sembap. Pilih dan gunakan bantal yang nyaman untuk menyangga kepala selama tidur.

4. Gunakan Masker Wajah yang Mengandung Antioksidan

Ingin bangun pagi dengan wajah yang terasa lebih segar? Coba gunakan masker wajah sebelum tidur malam. Sebisa mungkin pilih masker wajah yang mengandung antioksidan alami dan anti inflamasi untuk bantu cegah wajah kemerahan dan inflamasi saat tidur. Bisa juga gunakan masker wajah yang mengandung kafein yang diyakini efektif bantu cegah wajah bengkak.

5. Bersihkan Sisa-Sisa Make-up

Dr. Nazarian mengungkapkan bahwa sisa make-up dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada kulit dan wajah. Warna kulit wajah pun jadi kemerahan dan belang. Selalu bersihkan dulu wajah dari sisa-sisa make-up sebelum tidur. Bersihkan kotoran, debu, dan minyak berlebih pada wajah sebelum tidur supaya keesokan harinya bisa terasa lebih segar.

Tips-tipsnya cukup mudah, bukan? Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓