4 Kelebihan Seseorang yang Rutin Menulis Jurnal atau Buku Harian

Endah Wijayanti30 Mei 2020, 11:45 WIB
Diperbarui 30 Mei 2020, 11:45 WIB
menulis jurnal

Fimela.com, Jakarta Menulis jurnal atau buku harian bagi sebagian orang merupakan sebuah kebutuhan sendiri. Apalagi jika sudah rutin melakukannya, rasanya kegiatan menulis menjadi semacam terapi untuk menenangkan diri. Walau mungkin ada yang bilang menulis jurnal atau buku harian itu kebiasaan "kuno" tapi kegiatan ini punya banyak manfaat.

Seseorang yang terbiasa menulis jurnal atau buku harian memiliki kelebihan tersendiri pada karakternya. Berikut empat kelebihan yang paling umum ditemukan pada seseorang yang rutin atau rajin menulis jurnal.

1. Tidak Mudah Stres

Nelansir intermountainhealthcare.org, kegiatan menulis jurnal adalah media mengelola stres yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menulis ekspresif seperti menulis jurnal selama 15-20 menit per hari tiga hingga lima kali seminggu selama periode empat bulan bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi lever. Menuliskan pengalaman-pengalaman yang membebani pikiran juga bantu melepaskan stres. Seseorang yang rutin menulis jurnal akan sangat terbantu untuk menstabilkan emosinya melalui aktivitas menulis. Sehingga ia tidak mudah stres.

2. Tidak Mudah Sakit

Kegiatan menulis ekspresif atau menulis bebas bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak gampang sakit. Gejala-gejala asma dan rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis adalah peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Aktivitas menulis ini pun dapat bantu mempercepat proses sembuh dari luka.

3. Tidak Mudah Lupa

manfaat menulis
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@garry-mordor-261159

Menulis jurnal dapat menjaga pikiran tetap tajam. Meningkatkan daya ingat dan pemahaman. Serta meningkatkan kapasitas memori. Menulis secara rutin dapat menjaga pikiran kita dengan baik dan tidak muda jadi pelupa.

4. Rasa Percaya Diri Tinggi

Kegiatan menulis jurnal dapat membantu kita menyelami diri sendiri dan menikmati waktu yang ada saat ini. Membantu kita untuk memahami emosi dan perasaan sendiri. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di cambridge.org, menulis ekspresif dapat membantu seseorang membangun skema yang lebih struktur, adaptif, dan berintegrasi tentang diri mereka sendiri, orang lain, dan dunia. Sangat membantu dalam membangun identitas diri sendiri sehingga rasa percaya diri bisa lebih tinggi.

Menulis jurnal sangat baik bagi kita baik secara fisik, mental, maupun emosi. Tertarik untuk mencobanya sendiri? Belum terlambat untuk menekuni hobi atau rutinitas baru ini untuk meningkatkan kualitas hidup.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓