Resep dan Cara Membuat Tape Ketan yang Manis

Gayuh Tri Pinjungwati30 Mei 2020, 16:15 WIB
Tape Ketan

Fimela.com, Jakarta Tape menjadi salah satu makanan yang mudah kita temukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tape bisanya terbuat dari singking dan ketan. Tape memiliki rasa manis. Namun, kadang kita menjumpai tape yang memiliki rasa yang masam. Tapi tenang saja, FIMELA akan memberikan tips membuat tape ketan yang manis dan enak. Berikut cara yang dapat dicoba.

Bahan:

  • 1 kg ketan putih
  • ¼ kg ketan hitam
  • 5 biji ragi tape
  • Daun pisang

Merendam Ketan

Bersihkan terlebih dahulu ketan hitam dan ketan putih seperti membersihkan beras. Usahakan untuk membersihkan hingga air benar-benar bening. Kemudian, Rampur antara ketan hitam dan ketan putih. Rendam dengan air selama semalam.

Menanak Ketan

Jika sudah melewati waktu merendam selama semalaman. Bersihkan kembali ketan dengan air mengalir. Kemudian kukus hingga matang. Jika sudah matang, pindahkan ke dalam wadah, bilas kembali dengan air bersih. Kukus kembali hingga benar-benar matang dan tidak pero.

Proses Peragian

tape ketan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Imam Ainudin Firmansyah

Saat ketan sudah matang, pindahkan ke dalam wadah yang lebih lebar, ini memudahkan untuk membantu ketan cepat dingin sebelum proses peragian. Bantu menggunakan kipas angina untuk cepat dingin. Jika ketan sudah dingin, haluskan ragi hingga menjadi serbuk. Taburkan ragi ke seluruh bagian ketan, hingga rata. Taburi ragi, jangan tambahkan gula supaya tape tidak masam.

Pembungkusan

Bungkus ketan dengan menggunakan daun pisang atau dapat juga menyimpannya di dalam wadah yang tertutup rapat. Simpan ketan di tempat yang tidak terlalu terkena sinar matahari. Biarkan hingga 2 hari 2 malam. Dan tape siap di nikmati.

Nah itu tadi cara membuat tape ketan yang manis dan anti gagal. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓