7 Jenis Tanaman yang Bisa Mengusir Serangga

Annissa Wulan03 Jun 2020, 09:00 WIB
Ilustrasi tanaman

Fimela.com, Jakarta Bercocok tanam berbagai jenis tanaman di rumah tampaknya menjadi salah satu aktivitas yang sedang populer dilakukan saat ini, apa kamu salah satunya yang juga mencoba melakukannya? Jika iya, tanaman apa saja yang sudah kamu coba tanam?

Bukan tanpa tantangan, menanam tanaman di rumah juga bisa membuat area rumah dikerumuni oleh serangga. Namun, kamu tidak perlu khawatir, dilansir dari purewow.com, Rabu (3/6/2020), berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang bisa mengusir serangga.

1. Lavender

Walaupun lebah menyukai aroma dari Lavender, namun sebagian besar serangga, seperti agas, kutu, nyamuk, dan ngengat akan menjauhi tanaman ini. Menanam Lavender di dekat jendela atau pintu akan mengusir serangga dan kamu juga bisa menikmati aromanya di dalam rumah.

2. Rosemary

Tanaman Rosemary juga bagus untuk menjaga rumah dari kecoak dan nyamuk, terutama saat cuaca panas dan kering. Tanaman Rosemary yang ditanam di luar rumah akan membantu mengusir siput.

 

 

3. Krisan

Ilustrasi tanaman
Ilustrasi tanaman. Sumber foto: unsplash.com/CDC.

Senyawa dalam tanaman krisan yang disebut sebagai pyrethrin sangat efektif untuk mengusir serangga, seperti semut. Inilah mengapa tanaman krisan sering digunakan dalam banyak produk semprotan anti serangga komersial.

4. Sereh

Siapa yang tidak mengetahui manfaat tanaman sereh untuk mengusir serangga? Aroma jeruk yang segar dari tanaman ini sangat tidak disukai oleh serangga, terutama nyamuk.

5. Marigold

Ilustrasi tanaman
Ilustrasi tanaman. Sumber foto: unsplash.com/Anna Earl.

Tanaman Marigold asal Perancis yang sangat baik dalam mengusir lalat dan membunuh nematoda. Sedangkan Marigold yang berasal Meksiko dapat membantu menjauhkan kelinci dari tanamanmu.

6. Basil

Basil mungkin merupakan salah satu jenis tanaman yang sudah sering kamu temukan digunakan dalam masakan dan ternyata beracun bagi serangga, seperti nyamuk, lalat, dan kumbang. Perlu diingat bahwa tanaman basil memerlukan 6 sampai 8 jam dijemur di bawah sinar matahari.

7. Bawang

Tanaman ini dapat sangat menyengat bagi nyamuk, belatung, dan kumbang. Selain itu, tanaman bawang mudah untuk ditanam dan dipanen ketika kamu membutuhkannya untuk memasak.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓