4 Cara Mempraktikkan Kebiasaan Bersyukur Setiap Hari

Annissa Wulan05 Jun 2020, 20:30 WIB
Ilustrasi orang bahagia

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan bersyukur yang bisa dipraktikkan sehari-hari terkait dengan kualitas hidup seserorang. Mereka cenderung memiliki kualitas hidup yang lebih baik, terutama masalah kesehatan mental.

Orang-orang yang terbiasa bersyukur cenderung tidak mudah depresi, memiliki tingkat kesejahteraan hidup, dan dukungan sosial yang lebih tinggi. Dilansir dari self.com, Rabu (3/6/2020), berikut ini adalah beberapa cara mempraktikkan kebiasaan bersyukur setiap hari.

1. Memikirkannya sekali dalam sehari

Luangkan waktu setiap hari selama beberapa saat untuk merenungkan hal-hal apa saja yang bisa membuatmu bersyukur hari itu. Hal-hal ini tidak harus baru, mulailah dengan yang paling sederhana, seperti kesehatan, orang-orang terkasih, atau bahkan kopimu hari ini yang terasa lebih enak daripada hari-hari lainnya.

2. Membuat jurnal

Membuat jurnal bersyukur adalah ide bagus. Cara ini akan mengarahkan perhatianmu pada beberapa hal yang terjadi pada hari tersebut.

Luangkan waktu sebentar untuk benar-benar merenungkan hal-hal sederhana yang bisa kamu syukuri. Lakukan kebiasaan bersyukur yang satu ini secara rutin sekali dalam seminggu atau setiap hari dan simpan jurnalmu di dekat tempat tidur sehingga mudah untuk dijangkau dan membiasakan diri.

 

3. Terus melakukannya

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Tyler Nix.

Kebiasaan bersyukur tidak terjadi secara alami, beberapa orang harus membiasakan atau memaksakan diri pada awalnya. Awal membiasakan diri mungkin akan terasa aneh, namun seiring waktu akan terasa lebih mudah.

4. Berlatih dengan orang lain

Mulailah mengucapkan terimakasih pada orang lain lebih sering atau dengan cara tertentu. Orang lain di sini bisa siapa saja, seperti sahabat, pasangan, rekan kerja, atau saudara kandung. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓