4 Hal yang dapat Dilakukan untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Gayuh Tri Pinjungwati07 Jun 2020, 13:15 WIB
makanan sehat

Fimela.com, Jakarta Sistem kekebalan tubuh seseorang berperan untuk melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit karena tubuh tidak dapat melawan virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh dengan baik. Oleh karena itu, memperkuat sistem kekebakan tubuh sangat penting untuk dilakukan oleh masing-masing orang. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang.

Mengonsumsi Makanan Alami

Jika seseorang mengonsumsi makanan berkualitas rendah, maka tubuh akan dibangun dari bahan yang berkualitas buruk. Jika mengonsumsi makanan yang dapat menghancurkan sel-sel tubuh, ini akan dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Namun, makanan yang mengandung antioksidan memiliki karakteristik protektif yang baik untuk tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Komponen antioksidan dari makanan ini melindungi sel-sel dengan mengubah atau menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang sangat tidak stabil yang merusak tubuh pada tingkat sel dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sumber terbaik untuk berbagai antioksidan adalah buah dan sayur segar, berry, biji-bijian dan kacang-kacangan. Secara umum semakin berwarna buah dan sayuran, maka semakin banyak pula kandungan antioksidannya.

Berolahraga

Olahraga telah berulang kali dikaitkan dengan keseharan yang lebih baik dan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Cara tepat berolahraga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita masih sedikit tidak jelas. Olahraga yang cukup kuat dapat meningaktkan detak jantung serta kecepatan dan kedalaman pernapasan. Aliran darah yang keeluar masuk dengan ekstra dari udara ini mungkin merupakan bantuan tambahan yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan baketi dan virus.

Sirkulasi darah yang lebih cepat, dapat menggerakkan sistem kekebalan tubuh, antibodi dan sel darah putih. Antibodi dan sel darah merah ini menggunakan aliran darah sebagai sistem transportasi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Olahraga teratur dapat mengurangi kadar hormon stres yang dapat merusak tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, jika berada pada proporsi yang salah.

Tidur yang Cukup

Latihan Pernapasan
Ilustrasi Tidur Credit: freepik.com

Diperlukan kualitas tidur yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang akan lebih mudah jatuh sakit jika terkena virus ketika kurang tidur. Tanpa tidur yang cukup, tubuh kita tidak memiliki semua alat yang diperlukan untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Berhenti Merokok

Menghilangkan kebiasaan merokok akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dalam melawan infeksi virus. Merokok dapat merusak kemampuan tubuh untuk untuk menyerang virus. Merokok juga dapat menyerang dua senjata paling kuat dalam sistem kekebalan tubuh yakni sel-sel pembunuh alami yang menghancurkan virus dengan racun khusus dan makrofag.

Menjaga sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan banyak cara baik dengan mengonsumsi makanan sehat atau mengatur gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat secara besar dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓