Mengenal Diet Sirkadian yang Bisa Membantumu Tidur Lebih Nyenyak

Karla Farhana06 Jun 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 06 Jun 2020, 15:00 WIB
[Fimela] tidur

Fimela.com, Jakarta Kata diet memang sangat lekat dengan penurunan berat badan dan pola makan yang bertujuan untuk melangsingkan tubuh. Namun, diet ternyata sesederhana pola makan atau aturan yang memiliki tujuan tertentu. Bisa jadi penurunan berat badan, tubuh yang fit, menghilangkan racun dalam tubuh, hingga memperbaiki pola tidur. 

Sahabat Fimela tentu tahu kalau pola tidur buruk akan memengaruhi kesehatan tubuh secara holistik atau menyeluruh. Dilansir dair Byride, tidak sedikit orang yang memiliki pola tidur buruk juga memiliki berbagai penyakit, baik penyakit fisik atau bahkan penyakit mental tertentu. 

Bagi kamu yang kerap kali sulit tidur setiap malam, mungkin berbagai cara sudah kamu coba. Mulai dari minum susu hangat sampai mengonsumsi teh herbal dan supplement dengan tambahan vitamin di dalamnya. Tapi, pernahkah kamu mencoba program diet yang dinamakan sirkadian? 

Menurut Naturopathic Nutrition Coach and pendiri eatnourishandglow.com, Jessica Shand, menggambarkan pola diet ini seperti body clock diet yang bekerja sesuai dengan jam tubuhmu. 

"Contohnya, kamu makan selama matahari masih bersinar, selama 12 jam atau kurang, dan stop makan apa pun ketika matahari sudah terbenam," katanya kepada Byrdie. 

Manfaat Diet Sirkadian

[Fimela] tidur
pola tidur sehat | pexels.com/@burst

Menurut Jon Donoris, ilmuan olahraga dan pendiri Club 51 mengatakan dirinya sudah merekomendasikan diet ini pada kliennya selama lebih dari 5 tahun. Menurutnya, ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari pola diet ini. 

Mulai dari meningkatkan kesehatan tubuh, menurunkan berat badan, memperbaiki fungsi pencernaan, dan pola tidur yang lebih baik. Pola diet ini, menurutnya, merupakan cara yang baik untuk memperbaiki pola tidur. 

Pasalnya, diet ini menghentikanmu mengonsumsi makanan di malam hari, termasuk camilan sebelum tidur. Biasanya, camilan sebelum tidur inilah yang menjadi salah satu penyebab pola tidurmu tidak sehat. 

Jadi, tertarik untuk mencoba pola diet sirkadian ini? 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓