5 Tips Mencari Pekerjaan di Tengah Pandemi Covid-19

Imelda Rahma03 Jun 2020, 19:32 WIB
pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum bisa dikendalikan pasti berpengaruh besar terhadap segala lini kehidupan, terutama sektor ekonomi. Banyak perusahaan merugi hingga karyawan yang harus putus kerja. Situasi inilah yang akhirnya mendorong banyak orang berlomba-lomba mencari pekerjaan, baik bagi mereka yang baru saja putus kerja maupun fresh graduate.

Mencari pekerjaan ditengah pandemi Covid-19 kini maknanya menjadi lebih besar, bukan hanya sebagai batu loncatan karir namun juga sebagai cara bertahan hidup karena dengan bekerja, mereka mampu mendapatkan penghasilan. Namun, kondisi pandemi ini pasti akan membuat tantangan dalam mencari pekerjaan jadi jauh lebih sulit.

Kesulitannya bermacam-macam, mulai dari sulit mencari lowongan hingga sulit bermobilitas karena protokol kesehatan yang ketat. Berbeda jika situasinya normal maka, setiap orang pasti lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Biarpun begitu, kamu tetap harus semangat dalam mencari pekerjaan. Memang kamu akan menemukan kesulitan dan bisa jadi membutuhkan waktu lama namun, ketika kamu terus berusaha, pasti perlahan jalan keluar akan terbuka.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami situasi serupa yakni, sedang dalam tahap mencari pekerjaan, perlu menyimak artikel berikut. Fimela.com akan membagikan informasi 5 tips mencari pekerjaan di tengah pandemi Covid-19. Simak semua tipsnya dibawah ini.

Mencari Lowongan Pekerjaan Secara Online

Mencari Lowongan Pekerjaan Secara Online
Ilustrasi Mencari Lowongan Pekerjaan Secara Online Credit: pexels.com/Stockphotos

Tips mencari pekerjaan yang pertama ialah mecari lowongan pekerjaan secara online. Tentu saja ini adalah salah satu cara mencari pekerjaan yang paling bijak ditengah pandemi karena kamu tidak bisa membahayakan diri dengan mencari pekerjaan diluar rumah seperti yang pernah kamu lakukan dulu misalnya.

Kamu bisa mencari informasi lowongan kerja di media sosial ataupun situs-situs khusus penyedia lowongan kerja di internet. Tenang saja ada banyak info asal kamu juga teliti dan cermat, tetap hati-hati dengan info lowongan kerja yang kamu dapatkan juga karena banyak informasi palsu yang beredaran di internet.

Biasanya untuk beberapa situs lowongan pekerjaan tertentu sudah menyediakan fitur proses rekruitmennya sehingga kamu tidak perlu datang ke kantor tersebut untuk proses rekruitmennya kecuali sudah pada tahap interview langsung atau diterima.

 

Menyiapkan CV dan Portofolio

Menyiapkan CV dan Portofolio
Ilustrasi CV dan Portofolio Credit: pexels.com/Lukas

Tips yang kedua dalam mencari pekerjaan ditengah pandemi ialah menyiapkan curriculum vitae dan berkas portofolio milikmu. Siapkan semaksimal mungkin karena dua berkas tersebut akan selalu menjadi seleksi awal bagi setiap perusahaan yang mengadakan rekrutmen.

Kamu bisa menyusun sendiri ataupun menggunakan jasa pembuatan cv. Jika kamu ingin menyusun sendiri, ada baiknya kamu juga rajin mencari dan membaca informasi bagaimana caranya membuat cv dan portofolio yang profesional.

Ingat, usahakan didalam cv dan portofolio tersebut kamu mampu menuliskan kelebihan-kelebihanmu yang akan membuat pihak rekrutmen terkesan dan akhirnya tertarik untuk mengajakmu bekerja di perusahaan mereka.

Satu hal, tuliskan semua kelebihanmu namun, tetaplah jujur, jangan menuliskan sesuatu yang bukan keahlianmu didalam cv ataupun portofolio karena bisa saja pada saat sesi interview, pihak rekrutmen akan memintamu mempertanggungjawabkan apa yang kamu cantumkan. Jujur dan berintegritas adalah bekal awal dan karakter yang harus kamu pegang.

Asah Kemampuan Diri

Asah Kemampuan Diri
Ilustrasi Mengasah Kemampuan Diri Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Ketiga, tips untuk mencari pekerjaan ditengah pandemi Covid-19 ialah mengasah kemampuan diri. Sebenarnya ini merupakan step lanjutan setelah kamu berhasil mencari lowongan pekerjaan secara online dan menyusun cv.

Proses rekrutmen akan membutuhkan waktu sampai berminggu-minggu biasanya, sembari kamu menunggu, ada baiknya kamu asah lagi kemampuan diri seperti, softkill-softskill tertentu yang sekiranya dapat menunjang karirmu. Mengasah kemampuan diri sangat penting agar kamu dapat meningkatkan kapasitas diri dan menjadi jobseeker yang memiliki daya saing serta keahlian yang mumpuni.

Ada banyak pelatihan-pelatihan online baik berbayar maupun gratis yang bisa kamu ikuti. Beruntungnya, biasanya pelatihan tersebut akan memberikan sertifikat dan sertifikat tersebut bisa kamu masukkan kedalam cv sebagai salah satu aktivitas training maupun akademik yang pernah kamu ikuti.

Menghubungi Relasi

Menghubungi Relasi
Ilustrasi Menelpon Credit: pexels.com/Anna

Keempat, tips mencari pekerjaan ditengah pandemic berikutnya ialah menghubungi semua relasi yang sekiranya potensial untuk membantumu mendapatkan pekerjaan. Ingat, kamu tidak perlu gengsi karena itulah gunanya relasi, untuk membantumu dan saling bekerjasama.

Misalnya saja kamu sudah mencari lowongan pekerjaan namun tetap mendapatkan kesulitan maka tidak ada salahnya memanfaatkan relasi yang kamu miliki. Kamu bisa bertanya kepada mereka adakah informasi terkait lowongan pekerjaan yang terbuka sehingga kamu bisa dihubungkan dengan pihak yang membutuhkan karyawan.

 

Bersabar dan Tetap Optimis

Bersabar dan Tetap Optimis
Ilustrasi Mencari Lowongan Pekerjaan Credit: pexels.com/Ekaterina

Terakhir, tips mencari pekerjaan ditengah pandemi ialah bersabar dan tetap optimis. Kamu sudah berusaha melakukan berbagai cara untuk mendapat pekerjaan namun, jika belum kunjung dapat juga, mungkin kamu perlu bersabar namun tidak boleh berputus asa.

Situasi sulit ini tidak hanya kamu saja yang menghadapi, banyak orang juga sedang mengalami kesulitan yang sama. Proses dan keberuntungan orang berbeda-beda. Maka dari itu, tetaplah berusaha semaksimal yang kamu bisa dan jangan pernah pantang menyerah, yakinlah cepat atau lambat akan melewati masa-masa ini dan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Lanjutkan Membaca ↓