4 Hal yang dapat Dilakukan untuk Menghadapi Pasangan yang Selingkuh

Gayuh Tri Pinjungwati03 Jun 2020, 20:15 WIB
tanda selingkuh

Fimela.com, Jakarta Perselingkuhan, salah satu hal yang benar-benar tidak diinginkan dari setiap hubungan. Namun, tak jarang kita menemui kondisi ini dalam sebuah rumah tangga. Perselingkuhan adalah suatu hal yang menyakitkan bagi setiap orang yang dikhianati. Pasangan yang dikhianati harus melakukan melakukan penyembuhan untuk hatinya. Mungkin proses penyembuhan ini membutuhkan waktu yang lama. Rasanya ingin berteriak dan mencerca pasangan. Berikut ini merupakan beberapa strategi yang dapat membantu untuk menyembuhkan, memperbaiki pernikahan dan bergerak maju.

Seimbangkan Antara Kemarahan dengan Kebutuhan akan Informasi

Dirimu mungkin ingin berteriak, menangis dan menyerang, tetapi emosi yang besar dapat mencegah pasangan dari pengungkapan penuh yang mengarah pada pemuliahn dan bertahan dari perselingkuhan. Saat ini, lebih penting daripada sebelumnya bahwa dirimu meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Untuk mendapatkan kebenaran, berbelas kasihlah tentang emosi pasangan. Saatu-satunya cara pasanganmu bersedia menjawab adalah jika dirimu tidak menyerang, jika salah satu dari dirimu merasa kesal, sebaiknya untuk menghentikan diskusi.

Bicarakan Bahwa Perselingkuhan itu Memengaruhimu

pria yang selingkuh
Mempertahankan hubungan dengan dia yang berselingkuh./Copyright shutterstock.com

Diskusikan keraguanmu, kekecewaan, perasaan pengkhianatan, pengabaian, kemarahan dan kesedihan tentang bertahannya perselingkuhan. Saat pasanganmu membangun benteng antara dirinya dan mantan kekasih, bantu buka jendela keintiman di antara dirimu dengan pasangan. Jangan menahan dirimu.

Jangan Memaafkan dengan Mudah

Dirimu harus bergulat dengan rasa sakit dan amarah terlebih dahulu dan membangun kembali kepercayaan. Sebelum dirimu benar-benar bisa memaafkan pasanganmu, cari terlebih dahulu cara untuk memaafkan dan pahami.

Memaafkan Ketika Dirimu Sudah Siap

Setiap orang tidak pernah mudah melupakan perselingkuhan, tetapi kenangan menyakitkan akan memudar dengan seiring berjalannya waktu. Pengampunan memungkinkanmu untuk melewati rasa sakit dan amarah serta untuk berdamai dengan pasanganmu. Ambil langkah penting ini hanya ketika dirimu merasa siap untuk melepaskan perasaan negatif. Ketika pasanganmu benar-benar jujur dan telah mengambil langkah-langkah untuk membangun kembali kepercayaanmu.

Memaafkan atas penghkhianatan memang susah untuk dilakukan. Namun, memaafkan dapat membuatmu lebih merasa tenang dan membuat keadaan akan semakin membaik dengan berjalannya waktu. Tentunya untuk memaafkan harus bisa dilakukan dari lubuk hati terdalam.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓