5 Cara Hemat Memulai Pola Hidup yang Lebih Ramah Lingkungan

Karla Farhana03 Jun 2020, 19:30 WIB
[Fimela] pola hidup ramah lingkungan

Fimela.com, Jakarta Pola hidup ramah lingkungan telah menjadi tren sejak tahun 2019 kemarin. Sejak itu, demi melindungi Planet Bumi, begitu banyak produk berlabel ramah lingkungan. Namun, produk-produk eco-friendly ini biasanya dibandrol dengan harga yang lebih mahal. 

Buat kamu yang baru ingin memulai pola hidup ramah lingkungan, sebenarnya tidak perlu menguras tabungan atau merogoh kantung terlalu dalam untuk membeli barang-barang berlabel ramah lingkungan. Karena, ada banyak cara yang lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk memulai pola hidup untuk melindungi Bumi. 

Kamu bisa fokus dengan mendukung gerakan ramah lingkungan dari hal yang paling mudah dan tanpa mengeluarkan biaya yang lebih besar dari anggaran biasanya. Apa saja aksi nyata yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi? 

1. Mengurangi Konsumsi Daging 

Kamu bisa memulainya dengan mengurangi konsumsi daging dan produk-produk olahan susu. Mulai dari daging merah, makanan dan minuman berbahan dasar susu, hingga telur dalam asupan harian. Hal ini dapat membantu mengurangi perubahan iklim yang begitu cepat, polusi tanah, air, udara, dan zona laut. Pasalnya, dilansir dari berbagai sumber, ada begitu banyak kerusakan alam yang disebabkan industri produksi ternak. 

2. Naik Transportasi Umum

[Fimela] kereta api
ilustrasi kereta api | pexels.com/@veerasak-piyawatanakul-392493

Jika kamu biasanya menggunakan transportasi pribadi yang nyaman, cobalah untuk lebih sering menggunakan transportasi umum. Atau, jika memungkinkan, sepeda, yang lebih ramah lingkungan. Hal ini bisa mengurangi tingkat polusi udara dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi setiap hari. 

3. Hemat Air

Cara yang sederhana lainnya, namun sangat penting, adalah dengan menghemat penggunaan air. Mulai sekarang, cobalah untuk mengawasi penggunaan air sembarangan. Kamu bisa memulainya dari diri sendiri, kemudian menyebarkannya kepada orang-orang terdekatmu untuk selalu menghemat penggunaan air. 

4. Hemat Listrik

 

Pada saat di rumah, cobalah untuk mengurangi penggunaan AC agar energi listri yang kamu gunakan berkurang. Selain itu, cobalah untuk mematikan lampu yang tidak dipakai atau diperlukan. 

5. Pakai yang Ada

Mulai dari pakaian, kantung belanja, hingga tas, cobalah untuk menggunakan apa yang kamu punya di rumah. Mengurangi penggunaan plastik saja tidak cukup untuk menyelamatkan bumi. Pasalnya, limbah hasil produksi pakaian, tas, dan botol minum sangat berbahaya untuk lingkungan dan bumi. 

Itulah 5 cara sederhana untuk memulai pola hidup yang lebih ramah lingkungan. Tidak perlu membeli produk berlabel ramah lingkungan, kamu juga bisa melindungi bumi dengan berbagai cara yang lebih hemat dan sederhana. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓