Panduan Memulai Sustainable Living untuk Pemula

Annissa Wulan03 Jun 2020, 20:30 WIB
Barang ramah lingkungan

Fimela.com, Jakarta Sustainable atau istilah untuk mengacu pada keberlanjutan, baik dalam beberapa aspek kehidupan, seperti fashion, industri kecantikan, dan gaya hidup rasanya telah banyak coba dilakukan. Sustainable living adalah keadaan atau gaya hidup di mana terdapat tuntutan terhadap lingkungan untuk memungkinkan semua orang hidup lebih baik saat ini, maupun di masa depan.

Ada berbagai cara untuk memulai sustainable living yang bisa kamu temukan di internet, namun mari kita mulai dengan beberapa cara sederhana, seperti dilansir dari medium.com, Rabu (3/6/2020). Intinya, dengan melakukan sustainable living, kita memastikan gaya hidup kita juga disesuaikan dengan tanggung jawab dan manfaat yang bisa dituai dalam jangka panjang untuk bumi.

1. Memerangi penggunaan plastik

Tidak bisa dipungkiri bahwa plastik adalah barang serba guna yang murah dan paling banyak digunakan. Sayangnya, plastik juga non- biodegradable, atau tidak bisa benar-benar terurai.

Jika bisa terurai, plastik membutuhkan waktu hingga ratusan hingga ribuan tahun untuk berubah menjadi mikroplastik. Sedangkan mikroplastik sendiri tidak bisa dihilangkan. Jelas, bukan mengapa kita harus segera memulai menerapkan sustainable living?

 

2. Menimimalisir pembuangan limbah dari rumah

Barang ramah lingkungan
Barang ramah lingkungan. Sumber foto: unsplash.com/Sylvie Tittel.

Rumah adalah tempat pertama kamu bisa memastikan pembuangan limbah yang terkontrol. Kamu bisa mulai dari dapur.

- Dapur

Untuk area dapur, usahakan kamu membeli buah dan sayuran yang semua bagiannya bisa kamu manfaatkan untuk memasak. Mengganti semua tempat penyimpanan dengan tempat yang bisa digunakan kembali atau tidak sekali pakai. Selain itu, ketika berbelanja, kamu bisa membawa tas belanjaan sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik.

- Kebutuhan dasar harian

Ini cukup sederhana, lihat kembali semua barang yang biasanya kamu gunakan sehari-hari, seperti cangkir, sedotan, alat makan, botol air. Mulailah mengganti kebutuhan dasar harian dengan barang-barang yang bisa digunakan kembali, seperti sedotan stainless atau kaca lebih baik daripada sedotan plastik.

Kamu juga bisa membawa sendiri kotak makan ketika akan take away makanan dari luar. Cari alternatif lain yang lebih ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dasar harianmu dan cara ini juga bisa kamu lakukan ketika traveling, tidak hanya sebatas di rumah saja.

Terakhir, ingatlah bahwa tidak ada yang benar-benar sempurna, kamu bisa memulainya perlahan dari hal-hal yang sederhana. Selamat mencoba sustainable living!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓