Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020 dan Cara Merayakannya

Novi Nadya05 Jun 2020, 07:00 WIB
Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Fimela.com, Jakarta Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day (WED) dirayakan setiap 5 Juni 2020. Program Lingkungan PBB (UNEP) memilih Kolombia akan menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020 dalam kemitraan dengan Jerman. 

Tema besar Hari Lingkungan Dunia 2020 yang dirayakan Jumat, (5/6) ini adalah Time For Nature dengan fokus pada "Keanekaragaman Hayati" atau "Biodiversity". Keanekaragaman hayati menjadi bagian dari kehidupan manusia yang diwujudkan dari makanan sampai obat-obatan.

Menurut worldenvironmentday.com, 87 dari 115 tanaman pangan global bergantung pada penyerbukan serangga atau hewan. Keanekaragaman hayati juga membantu agar dampak perubahan iklim tidak terjadi saat hutan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen ke udara yang kita hirup sambil terus menyejukkan bumi.

 

Namun kini dunia dilanda krisis kenanekaragaman hayati. Tahun lalu, Platform Intergovernmental Science-Policy Platform on Biodiversity and Ecosystem Services (IPBES) atau Kebijakan-Ilmu Pengetahuan Antarpemerintah tentang Layanan Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem menemukan bahwa satu juta species terancam punah.

 Sebab itu, melindungi keanekaragaman hayati sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Terpilihnya Kolombia sebagai tuan rumah juga karena menjadi negara megadiverse dunia yang menampung hampir 10 persen keanekaragaman hayati di planet ini dalam kemitraannya dengan Jerman.

 

 

Sejarah Singkat Hari Lingkungan Hidup Sedunia

[Fimela] keanekaragaman hayati
Keanekaragaman hayati | pexels.com/@cindyg

Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirayakan lebih dari 143 negara. Sebab itu populer juga disebut 'People's Day' untuk menunjukkan kepedulian dan dukungan manusia bagi bumi dan lingkungan.

WED menjadi kendaraan utama PBB untuk mendorong kesadaran dan tindakan untuk melindungi lingkungan. WED telah menjadi platform global untuk penjangkauan publik yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1974.

Hingga kini menjadi kampanye terbesar untuk masalah lingkungan mulai dari polusi laut, pertumbuhan manusia yang berlebih, sampai meningkatkan tentang pemanasan global, konsumsi berkelanjutan, serta kejahatan terhadap satwa liar.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia dapat kita rayakan dengan berbagai cara. Seperti mengikuti kampanye global, ikut mengedukasi tentang kondisi lingkungan, penanaman pohon, lomba poster untuk anak yang menjadi aktivitas favorit di seluruh dunia.

Simak video berikut

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓