5 Tips Membangun Kebiasaan Bangun Lebih Pagi untuk Olahraga

Endah Wijayanti04 Jun 2020, 13:45 WIB
bangun pagi olahraga

Fimela.com, Jakarta Rutinitas bangun pagi bisa cukup sulit bagi sebagian orang. Alih-alih bisa bangun lebih pagi untuk berolahraga, bisa bangun tepat sesuai dengan bunyi alarm pun kadang masih susah. Namun, bagi yang ingin mencoba untuk membangun pola hidup yang lebih sehat dengan bangun lebih pagi untuk berolahraga, belum terlambat untuk mencobanya.

Olahraga rutin bisa memberi sejumlah manfaat untuk kesehatan. Melansir huffpost.com, olahraga bisa meningkatkan energi tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan mental. Supaya bisa bangun lebih pagi dan berolahraga, ada sejumlah tips mudah yang bisa dicoba.

1. Sebelum Tidur, Siapkan Baju Olahraga Terlebih Dahulu

Pada malam hari sebelum tidur, siapkan baju olahraga yang akan dipakai pada esok pagi. Bila punya baju olahraga favorit atau baju olahraga yang baru dibeli, bisa segera disiapkan juga. Cara ini setidaknya bisa memberi motivasi atau semangat untuk segera bangun pagi.

2. Tidur Lebih Awal

Michelle Segar, penulis buku No Sweat: How The Simple Science of Motivation Can Bring You A Lifetime of Fitness menggungkapkan bahwa jika ingin bangun lebih awal untuk berolahraga maka penting untuk tidur lebih awal. Ini adalah hal yang perlu dilakukan. Karena jika masih saja begadang atau tidur terlalu larut malam, tubuh akan terasa lemas saat dipaksa bangun pagi.

3. Pasang Dua Alarm dan Beri Label

Jika satu alarm tidak cukup ampuh untuk membuatmu segera bangun pada pagi hari, maka pasang dua alarm. Bila perlu, beri label juga pada alarm tersebut dengan kalimat semangat. Misalnya, "Bangun! Waktunya menaklukkan dunia!" Paksa diri untuk benar-benar membuka mata dan bangun saat alarm berbunyi.

4. Putar Musik

tips bangun pagi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Boyloso

Saat mendengarkan musik, otak kita memproduksi hormon dopamin yang bisa menghadirkan perasaan bahagia. Tubuh pun akan terasa lebih berenergi atau bersemangat saat mendengarkan musik. Maka cobalah untuk putar musik saat bangun pagi dan ikuti iramanya untuk segera bergerak dan tidak mager.

5. Nyalakan Lampu atau Buka Jendela

Cahaya akan memberi sinyal pada otak untuk bangun tidur. Nyalakan lampu atau buka jendela saat alarm berbunyi. Hadirnya cahaya atau situasi kamar yang terang akan membuat kita lebih mudah terjaga dan langsung bersemangat untuk memulai hari untuk berolahraga.

Membangun kebiasaan bangun lebih pagi untuk berolahraga mungkin terasa sangat sulit dilakukan pada awal-awal percobaan. Yang tak kalah penting adalah taklukkan rasa malas dan berhenti membuat alasan-alasan. Tetap semangat, ya!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓