Panduan Tata Cara Puasa Senin Kamis, Lengkap Beserta Niat dan Manfaatnya

Imelda Rahma04 Jun 2020, 12:05 WIB
Senin Kamis

Fimela.com, Jakarta Meninggalkan momen puasa di bulan ramadan pasti bukan hal mudah, seluruh umat muslim pasti sangat merindukan dan berharap dapat bertemu kembali dengan bulan tersebut di tahun depan. Nah, buat kamu yang belum bisa move on dari kebiasaan berpuasa, kamu bisa mencoba melatih diri dengan melaksanakan puasa Senin Kamis.

Puasa Senin Kamis adalah salah satu amalan puasa sunnah yang bisa dikerjakan oleh umat Islam di luar bulan ramadhan. Sesuai dengan namanya, puasa ini pun dilangsungkan setiap hari Senin dan Kamis saja untuk tiap pekannya.

Dalil hukum puasa Senin Kamis adalah sunnah, seperti yang sudah digolongkan oleh Syaikh Wahbah Az-Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu dan juga telah disepakati para ulama. Menurut Syaikh Wahbah Az-Zuhaili, puasa-puasa sunah yang disepakati para ulama antara lain puasa hari Senin dan Kamis, berikut hadisnya dari Aisyah Radhiyallahu Anhu:

"Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis." (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani).

Puasa Senin Kamis juga merupakan puasa sunnah yang sering dikerjakan dan dianjurkan oleh Rasulullah. Jika kamu ingin melaksanakan anjuran Rasulullah untuk berpuasa Senin Kamis, Fimela.com kali ini akan membagikan panduan tata cara puasa Senin Kamis, lengkap beserta niat dan manfaatnya. Simak selengkapnya berikut ini.

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis
Ilustrasi Membaca Doa Niat Puasa Credit: freepik.com

Sama seperti puasa wajib di bulan ramadan, puasa sunnah Senin Kamis juga memiliki doa niat puasa. Hanya saja perbedaannya adalah jika puasa ramadan, niat dibacakan malam hari sebelum melaksanakan ibadah puasa. Sedangkan untuk puasa Senin Kamis, boleh dibaca pada hari Senin atau Kamis selama pada hari itu seorang muslim belum makan, minum, atau melakukan hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa.

Adapun bacaan doa niat puasa Senin Kamis yang terbagi menjadi dua, ada yang khusus dibacakan untuk hari senin dan juga khusus untuk hari Kamis, berikut bacaan doa niatnya:

Bacaan Niat Puasa Senin:

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

"Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala,"

Bacaan Niat Puasa Kamis:

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

"Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala,"

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Tata Cara Puasa Senin Kamis
Ilustrasi Puasa Senin Kamis Credit: shutterstock.com

Setelah kamu mengetahui doa niat puasa Senin Kamis, selanjutnya kamu perlu mengetahui juga tata cara berpuasanya. Memang tidak jauh berbeda dengan puasa ramadan, agar lebih jelas, berikut tata cara puasa Senin Kamis:

Membaca Niat

Niat Puasa Senin Kamis sebaiknya dilakukan di malam hari, sebelum terbit fajar. Namun karena ini adalah puasa sunah, maka jika kamu lupa atau belum sempat mengucapkannya pada malam hari, boleh diniati di pagi hari asalkan belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal yang membatalkan puasa.

Makan Sahur

Makan sahur merupakan salah satu sunnah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan. Namun jika tidak dilakukan, misalnya karena bangunnya terlambat, puasanya tetap sah. Hanya saja untuk kesehatan, sebaiknya kamu tidak melewatkan waktu sahur.

Menahan Diri dari yang Membatalkan Puasa

Menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa antara lain makan, minum, berhubungan dengan istri dan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa. Waktunya dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Kamu juga dianjurkan untuk menahan diri dari yang membatalkan pahala puasa, antara lain bohong, ghibah, dan segala bentuk kemaksiatan.

Berbuka Puasa

Buka puasa dilakukan ketika matahari terbenam, yaitu pada saat masuknya waktu salat Maghrib. Menyegerakan buka puasa merupakan salah satu sunnah puasa. Dengan mengkuti semua tata cara ini, maka kamu bisa mendapatkan manfaat Puasa Senin Kamis dengan maksimal.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis
Ilustrasi Muslimah Credit: freepik.com

Puasa Senin Kamis yang kamu kerjakan tidak hanya akan menambah pahala dan ketakwaan kepada Allah SWT, tetapi juga memberikan banyak manfaat untukmu. Manfaatnya mulai dari segi kesehatan, mental, hingga kepribadian. Berikut manfaat puasa Senin Kamis yang perlu kamu tahu:

Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Berpuasa dapat menjadikan tubuh lebih sehat, hal ini juga sudah sering dibuktikan kebenarannya secara medis karena dengan berpuasa, sistem pencernaan akan lancar dan sehat. Selain itu, berpuasa Senin Kamis juga dapat melatih kecerdasan emosional sehingga kamu dapat mengontrol diri dan tidak mudah mengalami depresi.

Mampu Menguatkan Jiwa

Berpuasa Senin Kamis juga mampu menguatkan jiwa karena puasa sunnah ini digambarkan layaknya sebuah perisai untuk kejiwaan. . Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Selama berpuasa, kamu dituntut untuk melawan hawa nafsu dan lebih bisa bersikap sabar dalam menghadapi setiap cobaan yang hadir. Kamu juga akan merasa tenang selama berpuasa karena amalan ini juga meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Melatih Diri dari Kebiasaan Buruk

Selanjutnya, manfaat puasa Senin Kamis juga dapat melatihmu untuk mengurangi kebiasaan buruk yang biasanya kamu lakukan. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula atau makanan-makanan manis. Sehingga jika kamu berpuasa, konsumsi makanan atau minuman tersebut menjadi berkurang.

Menjadi Lebih Disiplin

Manfaat puasa senin kamis selanjutnya adalah dapat melatih seseorang untuk selalu disiplin dalam segala hal. Hal ini, secara tak langsung kamu merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang kamu lakukan, sehingga kamu akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal yang dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasa.

Selain itu, dengan berpuasa kamu akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang pastinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

Latihan Melawan Hawa Nafsu

Manfaat puasa senin kamis lainnya adalah memberikan gambaran bahwa dengan melakukan ibadah ini, jalan setan untuk memperngaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Kalau sudah begitu, hal ini dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia untuk berbuat maksiat atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT. Dengan begitu, kamu bisa meredam hawa nafsu untuk melakukan perbuatan yang tidak dibolehkan oleh Allah SWT.

Lanjutkan Membaca ↓