5 Tanda Pasangan Berselingkuh Dilihat dari Bahasa Tubuhnya

Endah Wijayanti04 Jun 2020, 14:45 WIB
tanda pasangan berselingkuh

Fimela.com, Jakarta Mengukur kesetiaan pasangan memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Dalam setiap hubungan, kemungkinan terjadi perselingkuhan selalu ada. Bahkan untuk mengetahui apakah pasangan kita berselingkuh, kita bisa memperhatikan bahasa tubuhnya.

Bahasa tubuh seseorang bisa mengungkap sesuatu yang ia sembunyikan. Melansir insider.com, menurut sebuah penelitian dari Princeton University, memperhatikan bahasa tubuh adalah indikator terbaik untuk mengetahui perasaan yang dirasakannya. Jika muncul perasaan atau kecurigaan pasangan kita selingkuh, maka kita bisa menggalinya lebih dalam melalui bahasa-bahasa tubuh yang ia perlihatkan. Berikut ini beberapa bahasa tubuh yang biasanya dimiliki oleh seorang peselingkuh.

1. Perubahan Sikap yang Begitu Mendadak

Menurut Patti Wood, seorang pakar hubungan bahasa tubuh dan penulis SNAP, bila pasanganmu biasanya selalu memberi ciuman di berbagai kesempatan lalu tiba-tiba dia tak mau lagi memberi ciuman seperti biasa, maka hal ini perlu diwaspadai. Jika sebelumnya tak segan-segan menunjukkan kemesraan, lalu tiba-tiba dia makin sering memintamu menjauh maka ada sesuatu yang sepertinya tidak beres. Perubahan sikap yang begitu mendadak ini bisa jadi sebuah pertanda.

2. Tersenyum dan Tertawa di Tengah Percakapan Serius

Menghindari percakapan serius apa pun subjeknya umumnya adalah tanda seseorang merasa tidak nyaman. Jika pasanganmu malah tersenyum atau tertawa saat kamu sedang berusaha untuk mengobrol serius atau membicarakan hal yang penting, maka patut dicurigai ada sesautu yang tak beres. Reaksi atau respons pasangan yang "tidak normal" bisa jadi tanda ada sesuatu yang tampaknya sedang ia sembunyikan. Apalagi jika dia cenderung menghindari obrolan dengan menyibukkan diri terhadap sesuatu yang lain, maka hal ini perlu diwaspadai.

3. Perubahan Kebiasaan terhadap Penggunaan Ponsel

pria yang selingkuh
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Perlu diwaspadai jika pasanganmu tiba-tiba makin tidak bisa lepas dari ponselnya atau dia makin protektif terhadap ponselnya. Perhatikan kebiasaannya dalam menggunakan ponsel. Jika sebelumnya dia santai saja meletakkan ponselnya di mana saja, lalu tiba-tiba ia begitu berhati-hati seakan merahasiakan sesuatu di ponselnya, maka ada hal yang perlu segera diklarifiaksi.

4. Makin Berlebihan dalam Merawat Diri

Seorang peselingkuh bisa makin hati-hati dalam menyembunyikan "jejak-jejak" perselingkuhannya. Bisa jadi ia akan lebih sering mandi, mengenakan parfum lebih banyak, atau mendadak makin sering mencuci baju yang sebenarnya masih bersih. Ada kemungkinan dia jadi lebih perhatian terhadap penampilannya. Jika perawatan diri yang ia lakukan tidak ia tujukan padamu, maka ada kemungkinan ia bermaksud melakukannya untuk orang lain.

5. Menghindari Kontak Mata

Wood mengatakan menghindari kontak mata adalah tanda yang paling sering ditemukan pada seseorang yang berbohong. Tapi jangan langsung menuduh pasangan berselingkuh saat ia menghindari kontak mata ketika berbicara denganmu. Perhatikan dulu selama beberapa kesempatan dan jika dia terus menghindari kontak mata, maka klarifikasi sangatlah diperlukan.

Mengenali tanda-tanda pasangan berselingkuh sebenarnya cukup rumit. Jika seseorang sudah "lihai" atau berpengalaman dalam berselingkuh, ia bisa begitu mudah menyembunyikan rahasianya. Tanda-tanda di atas hanya referensi saja untuk membuat kita lebih memperhatikan pasangan. Tak perlu buru-buru menuduh atau mengambil kesimpulan pasangan berselingkuh sebelum benar-benar menemukan faktanya. Tapi semoga hubungan yang kita jalani saat ini tetap harmonis dan dijauhkan dari perselingkuhan, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓