6 Ide Bisnis Produk Ramah Lingkungan untuk Bantu Menyelamatkan Bumi

Karla Farhana04 Jun 2020, 15:00 WIB
[Fimela] ilustrasi bisnis ramah lingkungan

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak cara untuk menjaga lingkungan. Selain penghijauan hutan, kamu juga bisa mengubah gaya hidupmu menjadi lebih tramah lingkungan. Dengan mengganti berbagai peralatan di rumah dengan barang-barang yang bisa didaur ulang. 

Tetapi, akan lebih baik lagi jika kamu bisa membantu dan mendorong orang lain untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih ramah lingkungan. Kamu bisa bergabung dengan berbagai organisasi lingkungan hidup sambil menyarakan kampanye cara-cara melindungi bumi. 

Tapi, tahukah kamu ada cara lain yang juga bisa kamu jadikan sebagai sumber penghasilan. Caranya dengan menjalankan usaha dengan menjual produk-produk ramah lingkungan. 

Ada banyak ide bisnis yang bisa kamu cari lewat internet. Namun, Fimela.com kini sudah merangkumkan 6 ide bisnis untuk berjualan produk-produk ramah lingkungan. 

1. Aksesoris dari Barang Daur Ulang

[Fimela] sedotan stainless
ilustrasi sedotan stainless | pexels.com/@polina-tankilevitch

Mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai memang menyenangkan. Kamu bisa membuat berbagai karya seni seperti aksesoris yang bisa kamu pakai lagi dari barang-barang daur ulang. Jika kamu kreatif, kenapa tidak menjualnya sekalian, agar lebih banyak orang terdorong untuk mengenakan barang-barang hasil daur ulang dan lebih peduli dengan lingkungan. 

2. Alat Makan

Perlengkapan makanan, baik di rumah atau juga restoran dan kafe kerap kali menggunakan bahan-bahan yang sulit untuk didaur ulang dan tidak ramah lingkungan. Melihat peluang ini, kamu bisa memulai bisnis dengan menjual alat-alat makan yang lebih ramah lingkungan. Seperti alat makan berbahan kayu, sedotan stainless atau kertas, hingga gelas atau botol minum yang bisa kamu pakai berkali-kali. 

3. Bank Sampah

Jika kamu juga ingin membantu banyak orang untuk mengumpulkan sampah kering dan basah dari limbah rumah, kamu bisa membuka bank sampah. Kamu nantinya akan mendaur ulang sampah yang sudah terkumpul menjadi produk baru. Seperti dompet, tas, atau bahkan pakaian hasil daur ulang. 

4. Sayur Organik

[Fimela] sayur organik
ilustrasi sayur organik | pexels.com/@markusspiske

Gaya hidup sehat selalu lekat dengan isu ramah lingkungan. Kamu bisa memulai melakukan budidaya sayur atau buah organik. Bisnis ini cocok juga buat kamu yang memiliki hobi berkebun.

5. Pembalut Bahan Kain dan Vaginal Cup 

Sebagai perempuan, tentu kamu sangat peduli dengan kesehatan reproduksimu, kan? Kamu juga pasti peduli dengan perempuan lainnya agar menjadi lebih sehat sekaligus bisa membantu misi penyelamatan bumi. Untuk itu, kamu bisa memulai bisnis pembalut bahan kain dan vaginal cup yang lebih ramah lingkungan. 

6. Loofah

Selain itu, kamu yang senang mencoba hal baru bisa belajar bagaimana membuat loofah sendiri di rumah. Dilansir dari Huffington Post, loofah merupakan produk ramah lingkungan. Asalnya dari oyong yang biasa kamu sayur. Loofah ini bisa kamu gunakan sebagai pengganti sponge untuk mencuci piring yang lebih ramah lingkungan. Dibandinhkan dengan sponge, loofah lebih mudah terurai. 

Nah, dari keenam ide di atas, mana yang bikin kamu tertarik untuk memulai berbisnis, sembari membantu merawat dan melestarikan alam? 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓