5 Alasan Perempuan Perlu Tidur tanpa Bra

Endah Wijayanti05 Jun 2020, 07:45 WIB
tidur nyenyak

Fimela.com, Jakarta Bra berfungsi untuk membuat kita nyaman beraktivitas dan mencegah payudara kendur. Pemilihan bra yang nyaman perlu disesuaikan dengan ukuran payudara dan bahan bra itu sendiri. Dengan bra yang nyaman, beraktivitas dan melakukan rutinitas sehari-hari pun bisa ikut nyaman.

Kali ini kita akan membahas soal penggunaan bra saat tidur. Pada malam hari saat tidur, disarankan tidak menggunakan bra. Melansir parenting.firstcry.com, tidur tanpa bra bisa memberi sejumlah manfaat. Selengkapnya langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Memperlancar Sirkulasi Darah

Mengenakan bra saat tidur bisa menghambat sirkulasi darah. Apalagi kalau bra yang dikenakan sangat ketat atau mengandung kawat, maka akan sangat menyulitkan sirkulasi darah mengalir lancar. Jika ingin tetap mengenakan bra saat tidur sebaiknya pilih sports bra yang bahannya nyaman dan tidak terlalu ketat.

2. Tidur Lebih Nyaman

Penggunaan bra yang bisa mengganggu kenyamanan tidur. Bra yang terlalu ketat atau sesak bisa menyebabkan tidur yang kurang nyenyak. Tidur tanpa bra bisa membantu kita mendapatkan tidur yang lebih nyaman.

3. Mencegah Edema

Apa itu edema? Edema adalah pembengkakan pada anggota tubuh yang terjadi karena penimbunan cairan di dalam jaringan. Mengenakan bra ketat pada saat tidur dapat memicu penimbunan cairan di dalam jaringan. Bila hal ini terjadi dan tak ditangani langsung, maka bisa memicu komplikasi atau gangguan kesehatan yang lain.

4. Menjaga Fungsi Limpa

Manfaat tidur siang
Ilustrasi./(sumber: iStock)

Mengenakan bra yang ketat saat tidur dapat mengganggu fungsi limpa. Limpa adalah organ yang penting untuk menjaga tubuh dari serangan virus atau infeksi. Jika fungsi limpa terhambat maka bisa memengaruhi fungsi organ-organ vital dalam tubuh seperti ginjal dan lever.

5. Mencegah Keringat Berlebih

Bra yang terbuat dari bahan sintetis bisa memicu keringat berlebih bila dipakai saat tidur. Dengan tidur tanpa bra, kita bisa mencegah keringat berlebih karena sirkulasi udara bisa lebih lancar. Selain itu, bisa bantu mencegah pertumbuhan jamur akibat permukaan yang lembap.

Tentu saja semua kembali pada pilihan dan kenyamanan masing-masing. Bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan dan situasi yang ada. Jika merasa lebih nyaman tidur dengan tetap memakai bra, usahakan pilih bra yang tidak terlalu ketat dengan bahan yang mudah menyerap keringat, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓