5 Cara Mudah Beradaptasi dengan Kehidupan New Normal

Imelda Rahma04 Jun 2020, 19:53 WIB
New Normal

Fimela.com, Jakarta Wacana persiapan skenario New Normal kini menjadi topik yang ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Jelas saja, ditengah pandemi Covid-19 yang belum berkesudahan bahkan terus semakin parah karena jumlah korban terinfeksi kian meningkat, masyarakat dihimbau untuk mulai berdamai dengan virus corona.

Tentunya hal ini menimbulkan pro dan kontra karena banyak pihak menilai bahwa skenario New Normal pantas dilakukan jika jumlah korban terinfeksi mulai menurun, pasalnya di Indonesia jumlah korban terinfeksi terus bertambah setiap harinya. Dilansir dari Merdeka.com bahwa jumlah korban terinfeksi hingga kini (3/6) mencapai 28.233 kasus.

Tentu saja jumlah tersebut diperkirakan masih terus bertambah, hal ini lah yang akhirnya menjadi polemik apakah skenario New Normal tepat segera diterapkan atau tidak. Sementara itu, Pemerintah sendiri sudah mulai meninjau dan melakukan uji coba pembukaan pusat-pusat perbelanjaan.

Maka dari itu, ada baiknya sebagai antisipasi, kamu juga harus sudah mulai belajar beradaptasi dengan kehidupan New Normal. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 cara mudah beradaptasi dengan kehidupan New Normal. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Masker Menjadi Barang Wajib

Masker Menjadi Barang Wajib
Ilustrasi Pemakaian Masker Credit: pexels.com/Anna

Cara mudah beradaptasi dengan kehidupan New Normal yang pertama ialah menjadikan masker sebagai barang wajib. Tentu saja kamu harus melakukannya karena penggunaan masker sendiri merupakan bagian dari protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah.

Dengan memakai masker kamu bisa terhindar dari virus corona karena ancaman masuknya virus melalui droplet akan terhalang oleh masker. Untuk itu, sebaiknya dari sekarang kamu mulai menyetok masker. Kamu bisa membeli beberapa masker kain sehingga kamu bisa bergonta-ganti karena memiliki satu masker saja tidak cukup.

Selain wajib menggunakan masker, kamu juga harus tetap memerhatikan kebersihan dan ketertiban saat memakai masker. Itulah alasan mengapa satu masker saja tidak cukup karena kamu perlu menggantinya dan tidak bisa memakai satu masker dalam waktu yang lama, itu tidak sehat. Masker yang kamu pakai seharian pasti kotor dan perlu kamu cuci atau kamu ganti.

 

Mulai Menerapkan Pola Hidup Sehat

Mulai Menerapkan Pola Hidup Sehat
Ilustrasi Berolahraga di Rumah Credit: pexels.com/Li

Berikutnya, cara mudah beradaptasi dengan kehidupan New Normal ialah dengan mulai menerapkan pola hidup sehat seperti, makan-makanan bergizi, mengonsumsi vitamin dan juga giat berolahraga. Virus bisa masuk dan mudah menular pada tubuh orang yang sakit dan memiliki sistem imun lemah, maka dari itu ubah pola hidupmu sekarang juga.

Kurangi aktivitas yang membahayakan kesehatan tubuh dan mulai memerhatikan dan menjaga kesehatan diri karena virus corona tidak pandang bulu dalam menginfeksi. Kamu bisa menyetok buah dan sayur untuk jadi makananmu sehari-hari agar tubuhmu tidak kekurangan gizi dan tetap sehat.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Ilustrasi Kehidupan New Normal Credit: pexels.com/Gustavo

Skenario New Normal menuntutmu untuk lebih menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selain masker, kamu juga perlu menggunakan sarung tangan dan hand sanitizer secara berkala bahkan sering. Hal ini merupakan bagian dari protokol yang dihimbau oleh Pemerintah untuk memutus rantai persebaran virus corona.

Jika sebelumnya kebersihan bukan menjadi prioritasmu, maka prinsip tersebut perlu diubah karena kini ancamannya adalah nyawamu sendiri jika kamu lalai dan tidak menjaga kebersihan. Mulai dari hal yang kecil yakni memerhatikan kebersihan diri kemudian lanjut ke skala yang lebih besar yakni, kebersihan lingkungan sekitarmu.

 

Membiasakan Aktivitas Virtual

Membiasakan Aktivitas Virtual
Ilustrasi Aktivitas Virtual Credit: pexels.com/Edward

Selanjutnya, cara mudah beradaptasi dengan kehidupan New Normal yang kedua adalah membiasakan diri dengan berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan secara virtual seperti bekerja dan berbelanja. Kamu tidak bisa menampiknya, adanya pandemi ini memang membuat kehidupan kita tidak lagi sama seperti dulu.

Mungkin pada awal-awal, hal ini akan terasa aneh, berat, hingga membuatmu tidak nyaman namun, membatasi aktivitas diluar rumah dengan pilihan virtual lebih baik dan lebih aman untukmu dan orang lain. Jika menurutmu aktivitas virtual membuat penat, sesekali kamu bisa bersantai melakukan hal yang kamu suka di rumah karena kebiasaan ini memang harus ditanamkan secara bertahap.

Belajar Menabung dan Menghemat Pengeluaran

Belajar Menabung dan Menghemat Pengeluaran
Ilustrasi Belanja Credit: pexels.com/Anna

Terakhir, cara mudah beradaptasi dengan kehidupan New Normal ialah belajar menabung dan menghemat pengeluaran. Seperti yang kamu tahu, pandemi ini melemahkan perekonomian. Butuh waktu untuk aktivitas ekonomi juga beradaptasi dengan skenario New Normal. Maka dari itu, belajarlah untuk menabung dan berhemat.

Belajar untuk menahan diri dari sesuatu yang tidak begitu krusial untuk dibeli kecuali kebutuhan pokok seperti makanan dan obat-obatan. Beradaptasi dengan kehidupan New Normal mengajarkan kita untuk mementingkan kebutuhan primer daripada tersier. Menyiksa memang tetapi ini adalah langkah bijak yang akan menyelamatkanmu untuk tetap bertahan hidup.

Lanjutkan Membaca ↓