Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Menggunakan Daun Pisang sebagai Pembungkus Makanan

Fimela.com, Jakarta Berbagai macam kue tradisional Indonesia dimasak dan dibungkus dengan daun pisang seperti kue nagasari dan kue bugis. Berbagai macam masakan pun ada yang dimasak menggunakan daun pisang, misalnya pepes dan bothok. Daun pisang juga kerap digunakan sebagai alas aneka hidangan dan lauk pauk.

Ternyata menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan itu banyak sekali manfaat positifnya. Bahkan manfaatnya juga bisa berdampak positif pada kesehatan tubuh. Selengkapnya simak uraian di bawah ini.

1. Makanan akan Diperkaya Antioksidan

Melansir parenting.firstcry.com, daun pisang mengandung polifenol seperti EGCG. EGCG merupakan jenis catechin yang umum terdapat pada daun teh, daun pisang, dan beberapa jenis tanaman lainnya, dan juga antioksidan yang baik yang memiliki kemampuan untuk mencegah kanker. Makanan yang dibungkus dengan daun pisang akan menyerap kandungan nutrisi dan antioksidan. Sehingga makanan pun akan diperkaya dengan antioksidan alami yang dapat melawan radikal bebas penyebab banyak penyakit termasuk kanker.

2. Makanan Terlindung dari Bakteri dan Kuman

Daun pisang memiliki kandungan anti bakteri. Lapisan lilinnya melindungi daun dari kontaminasi bahkan diyakini dapat membunuh patogen. Setelah dicuci bersih, daun pisang bisa menjadi pembungkus makanan yang higienis dan ramah lingkungan.

3. Makanan Lebih Beraroma

Daun pisang bisa memberi aroma yang lebih menggugah selera pada makanan. Aroma daun pisang yang khas bisa membuat aneka kue jadi terasa lebih enak dan masakan lebih sedap.

4. Makanan Lebih Menyehatkan

Kandungan antioksidan dalam daun pisang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi makanan yang dibungkus atau dilapisi daun pisang bisa bantu membangun flora bakteri usus yang sehat.

Sebisa mungkin alih-alih menggunakan plastik sebagai pembungkus makanan, gunakan daun pisang saja. Selain memberi manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, penggunaan daun pisang juga dikenal lebih ramah lingkungan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading