Alternatif dari Susu, Ini 5 Manfaat Keju untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Vinsensia Dianawanti07 Jun 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 07 Jun 2020, 11:00 WIB
Keju

Fimela.com, Jakarta Susu adalah salah satu sumber kalsium yang bisa dikonsumsi. Bagi kamu tidak menyukai susu, kamu bisa beralih ke produk turunannya, seperti keju. Selain rasanya yang gurih dan lezat, keju juga bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Terdapat dua macam keju yang dapat ditemukan. Yakni keju segar dan keju olahan. Keju segar menjadi produk keju terbaik karena sepenuhnya terbuat dari susu sapi segar dan tidak menggunakan pewarna, bahan pengawet, dan bahan kimia lainnya.

Dengan mengonsumsi keju jenis ini akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Mengurangi risiko osteoporosis

Sama seperti halnya susu, keju juga mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang. Sehingga mengurangi potensi terkena penyaki osteoporosis di kemudian hari.

 

2. Baik untuk kesehatan gigi

Keju
Simak manfaat keju sebagai altenatif dari susu (Foto: Greenfield)

Sebuah studi menyebut bahwa mengonsumsi keju dapat mencegah gigi berlubang. Terdapat kandungan di dalam keju yang dapat melindungi gigi dari asam yang dapat membuat lubang pada gigi. Mengonsumsi keju juga dapat memperkuat gigi dan mencegah masalah pada gigi.

3. Mengandung vitamin B12

Vitamin B12 membantu produk sel darah merah, protein, dan DNA. Ia juga baik untuk kesehatan mental dan syaraf. Vitamin B12 sendiri hanya dapat ditemukan produk hewani atau suplemen. Mengonsumsi keju bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian sebesar 10-19 persen.

4. Menurunkan tekanan darah

Studi lain pun menyebut bahwa mengonsumsi makanan tinggi kalsium dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi. Perlu dipahami selain mengonsumsi kalsium, konsumsi sodium juga perlu dibatasi.

5. Memperkuat sistem imun

Diperkaya dengan probiotik, keju akan memperkuat sistem imun dan mencegah penykit yang menyerang daya tahan tubuh. Sehingga di masa pandemi seperti ini, mengonsumsi keju membuat tubuh memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓