4 Cara Sederhana Menghadapi Rasa Cemburu dalam Hubungan

Gayuh Tri Pinjungwati05 Jun 2020, 11:45 WIB
mengatasi cemburu hubungan cinta

Fimela.com, Jakarta Ada banyak stigma yang terkait dengan kecemburuan, yang membuatnya sulit untuk dibicarakan, apalagi untuk mengakuinya. Hal itu dipandang sebagai emosi negatif dan membuat orang lain terkesan bahwa dirimu tidak dewasa dan kurang berkembang jika memilih untuk terbuka dan jujur tentang hal itu. Lalu bagaimana seseorang dapat belajar mengatasinya? Tenang saja, berikut ini adalah beberapa cara untuk menghadapi kecemburuan pada seseorang yang dicinta.

Kontrol Pikiran dan Perasaan Cemburu Dirimu

Orang sering mengasosiasikan kecemburuan dengan harga diri yang rendah dan neurotisme. Kecemburuan seringkali merupakan emosi yang berlapis yang jarang terlihat. Dalam beberapa kasus, kecemburuan dapat mencerminkan harga diri yang tinggi. Kecemburuan telah berkembang sebagai mekanisme untuk membela kepentingan kita.

Kenali Diri saat Cemburu

Hentikan tindakan pasif-agresif. Jika merasa cemburu, cari tahu alasannya dan jika dirimu merasa memiliki alasan yang tepat, bicaralah dengan pasanganmu dengan tenang dan matang. Mampu memahami perasaan dan menyuarakannya dengan jelas adalah langkah kritis.

Mulailah Mengeksplorasi Alasan Kecemburuanmu

cemburu berlebihan
Pasangan terlalu pencemburu./Copyright shutterstock.com/g/Torwai+Seubsri

Pendorong utama kecemburuan adalah kurangnya harga diri. Awal untuk mengatasi masalah ini bisa menjadi perjalanan yang panjang, menyakitkan dan rumit, tetapi hasilnya sepadan. Jika dirimu berjuang dengan harga diri yang rendah dan citra diri yang buruk, pertimbangkan untuk berbicara dengan terapis atau konselor atau dapat juga untuk menenangkan diri. Setelah dirimu mulai percaya bahwa dirimu adalah orang yang layak, rasa tidak aman perlahan akan mulai membaik juga.

Buat Jurnal

Seringkali merasakan rasa tidak aman meluap, ambilah jurnal dan mulailah untuk menulis tentang perasaanmu. Ini tidak hanya akan menghentikanmu dari melampiaskan kemarahan pada pasanganmu, tetapi juga akan membantumu mengidentifikasi kapan emosi biasanya terjadi dan apa yang memicu timbulnya emosi tersebut. Ini akan menenangkanmu pada saat itu, mencegah timbul masalah yang tidak dapat diperbaiki.

Cemburu adalah perasaan yang umum muncul terlebih pada pasangan. Ini juga menjadi salah satu tanda bahwa dirimu sangat mencintai pasanganmu. Namun, jika ini berlangsung dengan berlebihan akan membuatmu menjadi lebih posesif pada pasangan. Kecemburuan yang berlebih akan membuatmu dianggap sebagai orang yang tidak dapat berkembang dan tidak dewasa.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓