Sukses

Lifestyle

Mengenal Puasa Ayyamul Bidh, Lengkap dengan Keutamaan dan Jadwalnya pada Bulan Juni 2020

Fimela.com, Jakarta Ada banyak puasa sunnah selain puasa wajib di bulan ramadan yang perlu kamu tahu. Beberapa ada yang sudah dikenal bahkan sering dikerjakan seperti puasa Senin Kamis dan puasa Daud. Namun, kamu juga perlu mengenal puasa sunnah yang satu ini, yakni puasa Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilakukan oleh umat muslim pada tengah bulan Hijriah. Adapun asal usul dari puasa Ayyamul Bidh yakni, berkisah tentang Nabi Adam ketika diturunkan di muka bumi. Riwayat Ibnu Abbas mengatakan, ketika Nabi Adam diturunkan, seluruh tubuhnya terbakar oleh matahari sehingga menjadi hitam.

Setelah itu, Allah SWT memberikan wahyu kepadanya untuk berpuasa selama tiga hari (tanggal 13,14,15). Ketika berpuasa pada hari pertama, sepertiga badannya menjadi putih. Puasa hari kedua, sepertiganya lagi menjadi putih. Puasa hari ketiga, sepertiga sisanya juga menjadi putih. Oleh karena itu, puasa sunnah ini juga dikenal juga dengan istilah puasa hari-hari putih dengan maksud membersihkan dan mensucikan kembali jiwa.

Nah, untuk lebih lengkapnya, Fimela.com kali ini akan mengulas serba-serbi puasa Ayyamul Bidh, lengkap dengan keutamaan dan juga jadwalnya yang jatuh pada bulan Juni 2020. Simak ulasannya dibawah ini agar kamu juga bisa mulai mengerjakan puasa Ayyamul Bidh yang dianjurkan oleh Rasulullah. 

Doa Niat Puasa Ayyamul Bidh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, puasa Ayyamul Bidh ini hukumnya adalah sunnah. Namun biarpun sunnah, pahalanya tidak kalah besar dengan puasa sunnah lainnya. Hadis riwayat Bukhari-Muslim menyebut, orang yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh tiap bulannya akan diberikan pahala sebesar sepuluh kali lipat. Berikut bunyi hadisnya:

وَإِنَّ بِحَسْبِكَ أَنْ تَصُومَ كُلَّ شَهْرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فإن لك بِكُلِّ حَسَنَةٍ عَشْرَ أَمْثَالِهَا فإن ذلك صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: "Sungguh cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat atas setiap kebaikan yang kau lakukan. Maka dari itu, puasa Ayyamul Bidh sama dengan berpuasa setahun penuh,"

Buat kamu yang ingin mengerjakan puasa Ayyamul Bidh, berikut bacaan doa niat puasanya:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta'ala"

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Juni 2020

Setelah kamu sudah memahami hukumnya bahkan juga mengetahui bacaan doa niat puasanya, kamu juga perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan puasa Ayyamul Bidh. Tidak seperti puasa sunnah yang lain, puasa sunnah ini memiliki waktu khusus pengerjaannya.

Puasa sunnah Ayyamul Bidh yang juga dikenal dengan puasa putih dikerjakan pada tanggal 13,14, dan 15, saat bulan sedang terang benderang menuju purnama sehingga tampak putih. Tepatnya, dilakukan setiap pertengahan bulan Hijriah berdasarkan kalender Qomariah selama tiga hari setiap pertengahan bulan, kecuali hari tasyrik pada 13 Dzulhijjah.

Maka dari itu, untuk jadwal puasa Ayyamul Bidh pada bulan Juni 2020 akan jatuh pada tanggal 5,6,7 yakni, mulai dari hari jum’at sampai minggu. Nah, karena sudah tahu tanggal pastinya jatuh di hari apa, maka kamu bisa langsung mempersiapkan diri untuk melaksakannya.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Terakhir, kamu juga harus mengenal keutamaan dari puasa Ayyamul Bidh yang tidak kalah istimewa dengan puasa sunnah lainnya. Diriwayatkan bahwa puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan berupa pahala yang sama seperti orang yang melakukan puasa sepanjang tahun. “Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (H.R. Bukhari no. 1979)

Perihal keutamaan ini juga didukung dengan riwayat lain yang menyebutkan bahwa "Berpuasa tiga hari setiap bulan sama dengan berpuasa sepanjang tahun dan hari-hari putih itu adalah tanggal 13, 14 dan 15.” (H.R. an-Nasai)

Dalam riwayat Abu Hurairah, disebutkan, “Kekasihku (Rasulullah) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati yakni berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan salat duha, mengerjakan salat witir sebelum tidur.” (H.R. Bukhari).

Puasa sunnah memang hukumnya tidak wajib namun, sebenarnya kamu akan merugi jika melalaikannya karena pahala-pahala pada puasa sunnah sangat luar biasa besarnya untuk menjadi bekal pahalamu, contohnya adalah puasa Ayyamul Bidh. Jika kamu ingin mendapatkan ganjaran pahala seperti berpuasa sepanjang tahun maka kerjakan puasa sunnah ini dimulai dari bulan Juni 2020.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading