Tips Olahraga yang Aman saat New Normal agar Tubuh Tetap Sehat

Kezia Prasetya Christvidya05 Jun 2020, 17:35 WIB
olahraga-kezo

Fimela.com, Jakarta Olahraga adalah hal yang wajib dilakukan, untuk membuat tubuh sehat, pada saat new normal dimulai. Setelah menjalani isolasi di rumah selama kurang lebih 3 bulan, Indonesia mulai menetapkan aturan new normal, agar masyarakat tetap menjaga jarak di tengah pandemi.

Untuk mencegah tertular virus, Sahabat Fimela harus memiliki tubuh yang sehat, dan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, menjaga tubuh tetap sehat bisa dilakukan dengan berolahraga, dengan membatasi kontak fisik dengan orang lain.

Berikut tips olahraga yang aman dilakukan pada saat new normal, agar tubuh tetap sehat, yang sudah dilansir dari brillio.net:

 

 

Menjaga Kebersihan

ilustrasi tips olahraga saat new normal/pexels
ilustrasi tips olahraga saat new normal/pexels

Tips olahraga yang aman, pada saat new normal ang pertama, yaitu Sahabat Fimela harus menjaga kebersihan. Usahakan sebelum dan setelah berolahraga, menjaga tubuh tetap bersih, dan menjaga lingkungan sekitar tetap bersih.

Karena di tempat olahraga ada banyak orang, selain kita menjaga diri kita tetap sehat, saat berolahraga juga harus menjaga kesehatan orang lain. Saat melakukan olahraga, tidak perlu harus mengeluarkan keringat secara berlebihan, jika keluar keringat segera bersihkan dengan anduk pribadi.

Jangan lupa selalu membersihkan peralatan, yang sudah dipakai atau yang belum dipakai, terlebih jika peralatan olahraga terkena keringatmu.

Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

ilustrasi tips saat new normal/pexels
ilustrasi tips saat new normal/pexels

Tips olahraga yang aman, pada saat new normal yang kedua, yaitu lakukanlah pemanasan dan pendinginan sebelum melakukan olahraga. Pemanasan sebelum olahraga, dilakukan untuk membuat otot-otot tubuh menjadi lebih lentur, dan tidak membuat tubuh cidera saat olahraga.

Jangan lupa melakukan pendinginan setelah melakukan olahraga, agar otot tidak kaku, dan otot bisa lebih rileks setelah melakukan olahraga. Pemanasan dan pendinginan bisa dilakukan dengan durasi sekitar kurang lebih 10menit. Dengan melakukan pemanasan dan pendinginan saat olahraga, akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar.

 

Menjaga Jarak

ilustrasi tips olahraga saat new normal/pexels
ilustrasi tips olahraga saat new normal/pexels

Tips olahraga yang aman, pada saat new normal yang ketiga, walaupun sudah bisa berolahraga di luar ruangan tetapi tetaplah jaga jarak. Pemerintah menghimbau masyarakat, untuk tetap mematuhi aturan menjaga jarak, walaupun sudah menjalani hidup new normal.

Jagalah jarak dengan orang saat berolahraga, karena kita tidak tau kondisi tubuh teman yang lain. Mungkin saja ia sedang sakit dan kita sebagai karier atau sebaliknya. Selain menjaga jarak, jika tubuh sedang merasa tidak sehat, usahakan jangan pergi ke tempat olahraga terlebih dahulu.

Mengatur Durasi saat Olahraga

ilustrasi tips olahraga saat newnormal/pexels
ilustrasi tips olahraga saat newnormal/pexels

Tips olahraga yang aman, pada saat new normal yang keempat, Sahabat Fimela harus mengatur waktu atau durasi saat melakukan olahraga. Menurut Pakar Kedokteran Olahraga UGM , Dr.dr. H. Zaenal Muttaqin Sofro,. AIFM., yang dilansir dari situs ugm.ac.id menjelaskan bahwa olahraga tidak boleh dilakukan dengan berlebihan.

Menurut Dr. Zaenal, olahraga dengan durasi atau intensitas yang berlebihan, justru bisa membuat kekebalan sistem imun menjadi menurun. Agar sistem kekebalan tubuh tetap sehat, usahakan olahraga setiap 3 hingga 5 kali seminggu, dan dilakukan dengan durasi selama 30 hingga 35 menit.

 

Menjaga Cairan di dalam Tubuh

ilustrasi tips olahraga saat new normal/pexels
ilustrasi tips olahraga saat new normal/pexels

Tips olahraga yang aman, pada saat new normal yang terakhir, yaitu tetap menjaga cairan di dalam tubuh agar tetap seimbang. Saat melakukan olahraga, usahakan selalu mengonsumsi air putih, untuk menggantikan cairan di dalam tubuh yang hilang saat olahraga.

Selain itu, konsumsilah air putih minimal 8 gelas sehari, dan mengonsumsi makanan bergizi yang banyakmengandung mineral. Tubuh yang kekurangan cairan, akan mudah terserang penyakit, dan membuat tubuh tidak segar saat menjalankan aktivitas.

Lanjutkan Membaca ↓