6 Tips Membuat Mashed Potato yang Lembut dan Gurih

Febi Anindya Kirana05 Jun 2020, 12:41 WIB
mashed potato

Fimela.com, Jakarta Jika ingin membuat steak dengan sajian ala restoran lengkap dengan mashed potato atau sedang ingin makan makanan yang lembut dan mudah dicerna, mungkin masak mashed potato akan jadi alternatif terbaik. Tapi seringkali orang tak tahu cara membuat mashed potato yang lembut dan gurih sehingga enak dinikmati dengan apa saja. Ini dia caranya membuat mashed potato yang lezat.

1. Kualitas kentang yang baik

Pilih kentang yang segar, tidak bertunas dan tidak keriput. Kentang yang berkualitas akan menghasilkan mashed potato yang lembut dan enak. Gunakan kentang lokal, jangan kentang tes karena kandungan patinya rendah sehingga mudah dihancurkan dan tidak keras seperti kentang tes yang lebih cocok untuk keripik.

2. Kukus kentang

Sebaiknya masak kentang dengan cara dikukus daripada direbus atau pun digoreng jika ingin menghasilkan mashed potato yang halus tanpa serat dan tidak lembek berair.

3. Kupas kentang sebelum mengukus

Mashed Potato
Foto Mashed Potato Credit: freepik.com

Akan lebih baik dikupas dulu sebelum dimasak agar tidak merepotkan nanti sebelum dihaluskan. Akan membuang banyak waktu jika harus dkupas setelah dikukus, bukan hanya panas, tapi juga membuat kentang cepat dingin.

4. Haluskan saat masih panas

Angkat kentang dari kukusan dan segera setelah airnya tiris, haluskan dengan ulekan atau penumbuk kentang. Lapisi ulekan dengan plastik agar tidak ada kontaminasi. Haluskan hingga tidak ada gumpalan.

5. Campurkan margarin atau mentega

Setelah cukup halus dan masih panas, masukkan mentega secukupnya, Jika tak ada mentega, bisa diganti margarin. Bahan inilah yang akan membuat cita rasanya gurih, jika suka agak asin, taburkan sedikit garam pada mashed potato. Aduk rata.

6. Campurkan susu

Tuang susu sedikit saja, untuk satu mangkuk 200 gr cukup 3-4 sdm susu full cream. Mencampurkan susu mampu membuat teksturnya lembut dan halus.

Setelah tercampur semua, mashed potato siap sajikan dan dinikmati. Nah, siap mencoba sekian tips di atas di rumah?

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓