Hilangkan Rasa Malas, 5 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

Endah Wijayanti05 Jun 2020, 14:28 WIB
kebiasaan menunda pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Biasanya kita memiliki banyak alasan untuk menunda pekerjaan. Masih malas, masih capek, masih ada waktu, dan segudang alasan lain. Intinya rasa malas kita sendiri yang membuat kita menunda-menunda pekerjaan yang sebenarnya bisa diselesaikan dalam waktu cepat.

Butuh kemauan kuat dan aksi nyata untuk mengatasi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan ini. Sebenarnya tidak terlalu sulit kok. Bisa dimulai dari cara-cara yang pada dasarnya mudah dan simpel, seperti cara-cara berikut ini.

1. Langsung Kerjakan Satu Hal

Tanpa bikin banyak alasan, langsung kerjakan satu hal terlebih dahulu. Dari sekian banyak tugas atau tenggat  yang harus dipenuhi, pilih satu hal untuk dikerjakan pertama kali. Paksakan diri untuk mengerjakan satu hal. Satu hal saja. Dengan cara ini kita nantinya bisa mendapatkan "irama" tersendiri dan lebih nyaman untuk melanjutkan pekerjaan yang berikutnya.

2. Hilangkan Berbagai Jenis Pengganggu Konsentrasi

Fokuskan diri dengan menghilangkan atau menjauhkan diri dari berbagai jenis pengganggu konsentrasi. Misalnya, jauhkan diri dari aneka camilan supaya bisa fokus bekerja. Bisa juga pindah ke tempat atau ruangan yang bisa membuatmu lebih nyaman bekerja. Terkadang kita suka menunda-nunda karena dihadapkan pada sejumlah hal yang mengganggu konsentrasi kita.

3. Buat Tenggat dan Target yang Bisa Dicapai

Pernah nggak merasa malas mengerjakan suatu pekerjaan karena merasa pekerjaan itu terlalu banyak atau berat? Padahal kalau semakin malas mengerjakannya akan semakin berat untuk mulai mengerjakannya. Di sini kita bisa memecah sebuah tugas besar jadi tugas yang lebih kecil. Buat tenggat dan target yang kecil-kecil untuk bisa mencapat target yang besar tersebut.

4. Atur Waktu Bekerja yang Diimbangi dengan Istirahat

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Melansir collegexpress.com, sebuah rumus untuk produktivitas bekerja yang sempurna adalah 52 menit bekerja dan 17 menit istirahat. Intinya adalah imbangi waktu bekerja dengan istirahat. Sebab biasanya rasa malas bekerja itu muncul karena ingin menghindari rasa kelelahan bekerja. Padahal bila bisa diatur waktunya dengan baik, kita bisa mendapatkan ritme bekerja yang nyaman sehingga tidak lagi menunda-nunda pekerjaan. 

5. Beri Hadiah pada Diri Sendiri

Siapa lagi yang bisa menghilangkan rasa malas jika bukan kita diri kita sendiri? Salah satu cara agar kita lebih semangat bekerja adalah memberi hadiah pada diri sendiri. Sebagai contoh, bila hari ini bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal dari tenggat, maka kita akan membeli es krim kesukaan untuk dihabiskan sendiri. Tak perlu hadiah yang terlalu rumit atau mahal. Asalkan ada sesuatu yang bisa membuat kita senang maka kita bisa menjadikannya sebagai bentuk hadiah.

Jadi, pekerjaan apa yang mau diselesaikan lebih dahulu sekarang? Tetap semangat bekerja, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓