4 Tips Hentikan Kebiasaan Bangun Kesiangan

Endah Wijayanti05 Jun 2020, 15:15 WIB
bangun kesiangan

Fimela.com, Jakarta Pernah menyesal bangun tidur kesiangan tapi besoknya masih terulang kembali? Saat bangun kesiangan menjadi kebiasaan, maka akan cukup sulit untuk mengatasinya. Tapi bukan berarti tidak ada cara untuk menghentikan kebiasaan bangun kesiangan.

Tidur lebih awal mungkin menjadi tips paling ampuh untuk cegah bangun kesiangan. Hanya saja kadang rasa malaslah yang justru jadi penyebab utama bangun kesiangan. Pahami bahwa mendapat tidur yang cukup itu penting tapi tidur kebablasan atau sampai kesiangan itu efeknya negatif.

1. Atur Jadwal Tidur yang Tetap

Biasanya saat akhir pekan kita membebaskan diri untuk bangun tidur pada pukul berapa saja. Namun, penting untuk memiliki dan mengatur jadwal tidur yang tetap. Melansir sleepclinicservices.com, jadwal tidur yang konsisten bisa membuat tubuh lebih sehat. Dapatkan jam tidur yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan.

2. Jangan Main Gadget sebelum Tidur

Matikan semua gawai setidaknya dua jam sebelum jadwal tidur. Hindari paparan sinar biru dari gawai. Sinar biru ini dapat memengaruhi ritme sirkadian dan memengaruhi jadwal tidur serta kesehatan tubuh kita. Ganti ritual main gadget dengan kegiatan lain yang bisa merilekskan tubuh dan pikiran, seperti bermeditasi atau melakukan gerakan yoga sederhana.

3. Dapatkan Sinar Matahari Pagi

bangun pagi
ilustrasi./Photo by bruce mars on Unsplash

Sinar alami dapat membantu tubuh menjaga ritme sirkadian. Bangun tidur dengan mendapat sinar matahari pagi juga bisa sangat membantu. Bila tempat tidurmu berdekatan dengan jendela, buka tirai jendela sebelum tidur sehingga saat pagi datang bisa langsung bangun mendapatkan sinar matahari yang menerobos masuk.

4. Batasi Konsumsi Kafein

Atur pola makan dan olahraga teratur. Selain itu, batasi konsumsi kafein. Untuk menjaga pola tidur yang sehat, maka perlu juga menjaga pola makan dan minum yang sehat.

Yuk, atur kembali jadwal tidur dan bangun pola hidup yang lebih sehat. Semoga besok sudah tidak bangun kesiangan lagi, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓