4 Tips Sukses Menghadapi Interview Online yang Wajib Kamu Pelajari

Imelda Rahma06 Jun 2020, 15:35 WIB
Online

Fimela.com, Jakarta Interview kerja secara online kini menjadi salah satu cara yang paling diandalkan dalam proses rekrutmen. Pasalnya, ditengah pandemi yang sampai saat ini belum bisa dikendalikan hampir tidak mungkin proses rekrutmen dilakukan secara langsung atau tatap muka. Maka dari itu, cara yang paling memungkinkan adalah interview melalui online.

Pastinya suasana yang dirasakan saat interview online dengan langsung sangat berbeda. Beberapa orang merasa diuntungkan dengan adanya interview online karena terbebas dari demam panggung secara berlebihan ketika harus berhadapan langsung dengan user pewawancara. Namun, bagi mereka yang menyukai komunikasi langsung pasti menganggap bahwa interview secara online banyak memiliki kekurangan.

Bahkan bagi mereka yang benar-benar tidak terbiasa ataupun tidak nyaman dengan aktivitas secara virtual, bisa membuat proses interview gagal. Kegagalan tersebut bisa disebabkan karena komunikasi yang dirasakan tidak nyaman sehingga kamu tidak bisa menjawab pertanyaan dari pewawancara dengan jawaban yang mengesankan, tentu hal tersebut akan menjadi pertimbangan penting dalam meloloskanmu.

Jika kamu tidak ingin momen interview online gagal, maka kamu harus mempelajari tips-tips berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 4 tips sukses menghadapi interview online yang wajib kamu pelajari. Simak semua tipsnya dibawah ini.

Pastikan Beberapa Hal Teknis Proses Interview

Pastikan Beberapa Hal Teknis Proses Interview
Ilustrasi Komunikasi Virtual Credit: pexels.com/Vlada

Tips sukses menghadapi interview online yang pertama ialah memastikan hal-hal teknis terkait proses interview itu sendiri. Pastinya karena dilaksanakan secara online, maka kamu perlu menyiapkan beberapa hal seperti perangkat yang kamu gunakan, aplikasi apa saja yang perlu kamu unduh atau apa saja yang perlu kamu persiapkan.

Pada kondisi ini kamu bukan hanya saja harus memahami protokol interview yang diberikan oleh admin dari perusahaan tersebut namun, kamu juga tidak boleh malu bertanya tentang hal-hal yang tidak kamu pahami. Bisa saja kamu memiliki pertanyaan yang belum dijelaskan secara rinci pada protokol yang diberikan.

Jika sudah, sebaiknya kamu mulai mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Ingat, interview online tetap sebuah interview, proses ini sangat menentukan apakah kamu akan diterima atau tidak. Maka dari itu, butuh persiapan matang terutama yang menyangkut hal-hal teknis agar pada saat interview berlangsung kamu menjadi lebih aman dan nyaman. 

Mulai Latihan

Mulai Latihan
Ilustrasi Latihan Interview Online Credit: pexels.com/Vlada

Selanjutnya, setelah kamu mempersiapkan hal teknis, tips sukses menghadapi interview online yang kedua adalah sering latihan. Step ini sangat penting agar kamu tidak kaget saat melakukan interview online. Selain itu, dengan latihan kamu bisa melatih cara berbicara dan bahasa tubuh agar tidak terlihat kaku dan gugup.

Mulailah latihan dengan bantuan temanmu, jadikan dia sebagai pewawancara yang akan menanyakanmu beberapa hal yang sering ditanyakan saat proses interview berlangsung. Lakukan hal ini beberapa kali hingga kamu tidak lagi canggung atau merasa panik karena latihan membuatmu semakin siap bertemu langsung dengan pewawancara kerja yang asli.

Siapkan Baju dan Tempat

Siapkan Baju dan Tempat
Ilustrasi Interview Online Credit: pexels.com/Moose

Ketiga, tips sukses menghadapi interview secara online ialah dengan mempersiapkan pakaian formal dan tempat yang kondusif untuk melakukan wawancara kerja. Hal ini juga sangat penting, jangan sampai kamu hanya memakai kaos ketika akan melakukan interview online karena hal tersebut jelas merupakan kesalahan fatal.

Walaupun dilakukan secara online, kamu tetap akan dilihat oleh pewawancara. Maka dari itu, siapkan baju formal yang rapih dan bersih untuk interview. Jika kamu sudah mendapatkan baju yang tepat, kini kamu perlu memikirkan tempat mana yang kondusif untuk melakukan interview online. Jangan sampai kamu melakukan interview ditempat yang ramai karena hal tersebut tidak profesional dan jelas akan mengganggu proses wawancara berlangsung.

Mempersiapkan Rencana Cadangan

Mempersiapkan Rencana Cadangan
Ilustrasi Persiapan Interview Online Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Terakhir, tips sukses menghadapi interview online adalah menyiapkan rencana cadangan. Tentu saja rencana cadangan ini berkaitan erat dengan masalah-masalah teknis yang bisa saja terjadi saat proses interview berlangsung. Sesempurna apapun persiapanmu, kamu perlu mempertimbangkan dan menyiapkan rencana cadangan.

Jika terjadi sesuatu pada saat interview berlangsung, kamu langsung bisa menjalankan rencana cadanganmu tanpa perlu rasa panik yang berlebihan. Misalnya, seketika terjadi mati listrik yang mengakibatkan jaringan koneksi wi-fi juga ikut mati, maka kamu sudah harus berjaga-jaga dengan cara menyiapkan kouta cadangan yang bisa kamu sambungkan untuk membantu proses wawancara tetap berlangsung.

Lanjutkan Membaca ↓