5 Tips Menghindari Sikap Posesif dalam Hubungan

Endah Wijayanti06 Jun 2020, 10:15 WIB
usai bertengkar

Fimela.com, Jakarta Karena cinta atau bahkan takut kehilangan dalam sebuah hubungan, kadang kita jadi posesif pada pasangan. Posesif dapat diartikan sebagai suatu sikap tak ingin kehilangan dan merasa memiliki sesuatu atau seseorang seutuhnya. Biasanya disertai dengan rasa cemburu yang berlebihan. 

Tentu saja cemburu bisa menjadi tanda cinta selama tidak berlebihan. Namun, jika sampai kebablasan sampai melukai pasangan dan menciptakan masalah baru, tentu saja hal itu tidak akan sehat. Hubungan bisa goyah dan rasa cinta bisa luntur. Lalu, bagaimana agar terhindar dari sikap posesif?

1. Kenali Lingkaran Pertemanan Masing-Masing

Melansir lifehack.org, salah satu cara terbaik agar tidak mudah cemburu dalam sebuah hubungan adalah mengenali lingkaran pertemanan masing-masing. Dengan mengetahui teman-teman dan orang-orang yang sering bertemu dengan pasangan, kita bisa lebih percaya padanya. Kenalkan juga teman serta sahabat kita pada pasangan supaya pasangan juga bisa mengerti dan percaya pada kita.

2. Bangun Kepercayaan

Tak hanya kepercayaan terhadap pasangan tetapi juga kepercayaan terhadap diri sendiri. Jika kita percaya pada diri bahwa kita bisa menjaga keutuhan hubungan, maka itu akan membuat kita lebih mudah untuk percaya pada pasangan untuk melakukan hal yang sama. Kepercayaan ini perlu dibangun oleh kedua belah pihak. Hubungan akan timpang bila kepercayaan yang dibangun berat sebelah.

3. Tahan Diri untuk Tidak Memata-matai

Hal ini berkaitan dengan rasa curiga. Sebaiknya jangan sampai kita curiga berlebihan terhadap pasangan. Jangan juga memata-matai pasangan berlebihan. Semakin kita curiga hingga bahkan memata-matai, maka hati kita sendiri yang tidak akan tenang. Hubungan pun jadi terasa tidak nyaman dan sikap posesif akan semakin meningkat.

4. Terbuka dalam Membicarakan Permasalahan

bertengkar dengan pasangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Misalnya, kamu merasa tidak tenang setiap kali pasanganmu lambat membalas pesanmu. Sampaikan hal ini pada pasanganmu tanpa menyalahkan atau menghakiminya. Coba utarakan dulu perasaanmu. Sampaikan hal yang mengganggu di pikiranmu. Sehingga dengan cara ini pasangan pun bisa mengerti akar masalahnya. Baru setelah itu cari solusi atau jalan keluar terbaik bersama-sama.

5. Jangan Memaksakan Diri Mengubah Pasangan

Kadang kita menjadi posesif karena ingin mengubah pasangan menjadi sosok yang lebih ideal di mata kita. Padahal ini hanya akan menghadirkan racun dalam hubungan. Bagaimanapun, kamu dan pasanganmu adalah dua individu yang berbeda. Akan sulit rasanya jika terlalu memaksakan diri untuk mengubah pasangan. Yang perlu dilakukan adalah menyelaraskan diri dengan perbedaan-perbedaan yang ada. Membangun komitmen baru yang disepakati bersama dalam sebuah hubungan.

Semoga hubungan yang sedang kamu bangun dan jaga saat ini bisa senantiasa langgeng dan harmonis, ya. Jika ada masalah, komunikasikan baik-baik dengan pasanganmu.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓