11 Manfaat Diet Meghan Markle yang Bisa Ditiru Saat Menjadi Ibu Baru

Novi Nadya08 Jun 2020, 07:00 WIB
[Fimela] Pangeran Harry dan Meghan Markle

Fimela.com, Jakarta Meghan Markle selama ini dikenal memiliki kebiasaan pola makan atau diet sehat dan bisa diikuti, jauh sebelum bertemu Harry. Meghan juga melabeli dirinya sebagai foodie atau pecinta makanan di blog gaya hidupnya The Tig. 

Kemungkinan besar ia tetap menjalani diet yang sama selama hamil dan menjadi ibu baru. Melansir dari everydayhealth.com, para profesional memberikan pendapatnya tentang 11 aturan diet beserta manfaatnya;

 

1. Meghan Menyeimbangkan dengan Pola Makan Vegan

Pendekatan Meghan Markle pada diet vegan adalah fleksibel dan seimbang. Ia mengatakan pada Best Health pada 2016 jika setidaknya menjalani diet vegan selama seminggu dan makan besar di akhir pekan.

Namun menurut ahli gizi di Seattle dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Ginger Hultin, RD, vegetarian dan vegan juga berisiko terkena penyakit seperti jantung iskemik, diabetes tipe 2, hipertensi, dan obesitas. Sebab biasanya vegan dan vegetarian berisiko kekurangan vitamin B12 menurut National Institutes of Health Office of Suplemen Diet.

"Namun Meghan memiliki kemungkinan kecil menderita kekurangan seperti itu. Dia juga memiliki daftar makanan yang boleh dan harus dihindari," timbal Bonnie Taub-Dix, RD, ahli gizi di New York dan pencipta BetterThenDieting.com.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Camilan Cerdas Seperti Buah dengan Nut Butter

makan buah apel
Waktu terbaik mengonsumsi buah apel./Copyright shutterstock.com/g/BaanditStudio

 

Elite Daily melaporkan jika salah satu camilan favorit Meghan Markle adalah irisan apel dengan mentega almond dan garam laut. Sebuah jenis camilan yang fantastis.

"Apel mengandung serat yang membuat kenyang dan mentega almond menawarkan lemak sehat, protein, juga serat. Garam bisa menambahkan rasa manis, jadi menambahkan sedikit saja tidak masalah," ujar Amy Gorin, RDN, pemilik Nutrisi Amy Gorin di Jersey City, New Jersey.

 

 

3. Jus Hijau di Sore Hari

resep jus sayuran/unsplash
resep jus sayuran/unsplash

Saat interview dengan Delish tahun 2016 Markle memilih jus hijau sebagai pengganti kopinya di sore hari. Jus hijau bisa menjadi cara tepat untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari sayuran. 

"Green juice memiliki lebih banyak kandungan sayuran daripada buah yang akan membantu menurunkan kalori dan kadar gula. Jika memilih jus kemasan, pastikan untuk memeriksa label dan mencatat porsi ukuran," kata Hultin. 

Meski menjadi cara yang praktis untuk memasukkan buah dan sayur ke tubuh, jus tidak memiliki serat dan protein. Jadi tetap lengkapi dengan minuman campuran seperti yogurt mete atau edamame untuk protein. Serta alpukat dan blueberry untuk serat.

 

4. Meghan Menyukai Teh Kombucha yang Ramah Usus

ilustrasi kombucha/shutterstock
ilustrasi kombucha/shutterstock

Markle memberi tahu Mind Body Green jika ia adalah penggemar teh fermentasi ringan berbuih kombucha. Ini merupakan sumber alami probiotik ramah usus yang telah terbukti membantu pencernaan, plus dapat membantu menenangkan saraf setelah pernikahan.

Hingga kini penelitian masih dilakukan untuk membahas manfaat teh kombucha. Menurut Hultin kombucha memang mengandung alkohol residu pada tingkat rendah jadi memang bukan sesuatu yang disarankan oleh para ahli diet selama kehamilan. Faktanya minuman kombucha kemungkinan ditinggalkan Markle saat tahu ia hamil.

 

5. Memperkaya Omega-3

ilustrasi ikan salmon untuk mencegah jantung/pexels
ilustrasi ikan salmon untuk mencegah jantung/pexels

Meghan juga mengatakan pada Best Health jika sashimi adalah makan siang idealnya. "Makanan laut seperti tuna menawarakan omega-3 yang menyehatkan jantung, jadi memasukannya pada diet atau pola makan akan sangat bagus," ujar Gorin.

Banyak vegetarian dan vegan yang membuat pengecualian untuk menyantap ikan dan dikenal dengan pescatrianism. Dan Gorin juga mengatakan jika sashimi adalah cara terbaik menjaga kalori.

"Bisanya ia menambahkan sashimi dengan salad rumput laut dan nasi merah untuk serat tambahan," ujarnya.

 

6. Tetap Terhidrasi

air lemon ibu hamil
Bolehkah ibu hamil minum air lemon?/Copyright unsplash.com/anda ambrosini

Saat ia menjadi aktris di set acara TV USA Network, Markle memulai harinya dengan air panas dan lemon. "Cobalah untuk minum air putih 2 liter sehari agar membantu tetap terhidrasi. Hidrasi sangat penting untuk berbagai alasan," lanjut Gorin.

 

 

7. Memperkaya Asupan Antioksidan

Restoran Sehat
Acai Bar, Senopati, Jakarta Selatan. (dok. Instagram @acaibar.id/https://www.instagram.com/p/BpgJRyjBL8d/?utm_source=ig_web_copy_link/Asnida Riani)

Kulit glowing dan sehat Meghan bukan didapat cuma-cuma. Para ahli nutrisi dan diet beranggapan jika kecintaan Meghan pada acai dan buah beri lainnya ikut berkontribusi.

"Acai berry sangat enak dicampur yogurt, granola rendah gula, dan buah lainnya," ujar Lemond. Warna ungu yang semarak juga mempercantik tampilan mangkuk acai saat di-posting di feed Instagram.

Jika buah eksotis tersebut tidak sesuai anggaran, stroberi bisa menjadi opsi. Sebab stroberi memiliki senyawa turunan tanaman yang sama yang dikenal sebagai polifoenol untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh usia sampai matahari.

 

 

8. Menikmati Anggur Merah

Manfaat red wine
Manfaat red wine untuk kesehatan. (Foto: pixabay.com)

"Anggur merah menyehatkan jantung," kata Lemond. Meghan memilih segelas wine sebagai pengganti makanan penutup agar kalori tetap terkendali.

Namun kunci yang harus diingat, jika kita bukan peminum alkohol lebih baik skip diet ini. Meski dengan alasan menjadi lebih sehat sekalipun.

 

 

9. Kitchen Hacks Ala Meghan

Ubi Jalar Panggang dan Salad Quinoa
Ubi Jalar Panggang dan Salad Quinoa (Unsplash.com)

Ia mengatakan pada Today.com pada 2012 jika ia menyiapkan makanan di awal minggu dengan memasak sekotak quionoa kemasan. Kemudian menambahkannya dengan tumis sayuran ditambah paprika segar.

"Dia menemukan cara makan makanan sehat dengan aroma yang menggugah selera," ujar Lemond.

Quinoa adalah bijian, sehingga mengandung protein dan asam amino lengkap yang tidak dimiliki oleh banyak makanan nabati. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2015 dalam jurnal BMC Medicine menyatakan makan semangkuk quinoa setiap hari dapat mengurangi risiko kematian dini akibat kanker, penyaktit jantung, penyakti pernapasan, dan diabetes.

 

 

10. Pecinta Karbohidrat

saus aglio olio
ilustrasi pasta saus aglio olio/Photo by Youjeen Cho on Unsplash

"Karbohidrat adalah salah satu sumber energi terbaik dalam diet atau pola makan kita. Seperti Meghan yang tetap makan kentang goreng atau pasta namun tetap menjalani untuk memotivasi diet sehatnya," ujar Kelly Kennedy, RD, manajer nutrisi di Everyday Health.

Sebab menurut Kennedi banyak orang yang pada akhirnya menyerah dengan diet tanpa karbohidrat karena makanan tersebut dilarang. Sebaliknya, pola makan tidak terlalu ketat pada diri sendiri bisa menjadi motivasi.

 

 

11. Dessert Sehat

chia seed
chia seed/copyright: unsplash/kristen kaethler

Puding biji chia menjadi favorit Meghan dengan tambahan kacang serta buah segar sebagai pemanis alami. Atau bahkan beberapa keping cokelat tidak masalah. 

Biji chia adalah sumber serat dan lemak sehat seperti makanan favorit Meghan lainnya yang penuh antioksidan dan vitamin serta mineral lainnya. Kandungan tersebut juga melawan stres dan mempertahankan well-being kita. 

"Makan dengan sehat bisa menjadi cara baik untuk memastikan kita memiliki energi menikmati hari dan yang terjadi nantinya," ujar Taub-Dix.

 

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓