Menurut Studi, Laki-laki dan Perempuan Mengartikan Selingkuh dengan Cara Berbeda

Febi Anindya Kirana14 Jun 2020, 10:15 WIB
pasangan

Fimela.com, Jakarta Selama ini seperti apa sebenarnya kamu mendefinisikan 'selingkuh'? Sikap seperti apa yang bisa masuk kategori selingkuh dan mana yang tidak? Yakin deh bahwa pandanganmu tentang selingkuh akan berbeda dengan pandangan seorang pria terhadap selingkuh.

Karena memiliki pemikiran yang berbeda, tentu wajar jika kita memaknai selingkuh dengan cara yang berbeda. Namun se-berbeda apa? Sebuah studi mencoba menjelaskannya.

Penelitian yang dilakukan di Norwegian University of Science and Technology yang melibatkan 92 pasangan heteroseksual ini menemukan bahwa perempuan lebih cenderung memaknai selingkuh secara emosional sedangn pria lebih memaknai selingkuh secara fisik.

Perbedaan makna selingkuh antara laki-laki dan perempuan

pasangan menikah
ilustrasi pasangan menikah/copyright by Hananeko_Studio (Shutterstock)

Perempuan menganggap tindakan seperti saling pandang atau bicara cukup intens dengan perempuan lain dianggap selingkuh, sedangkan pria menganggap bahwa selingkuh adalah ketika istrinya sudah sering keluar rumah bersama dan berhubungan seksual dengan pria lain.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Behavioral Sciences ini menunjukkan bahwa persepsi selingkuh bisa dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Perempuan yang memiliki perasaan lebih peka dan sensitif akan rentan cemburu ketika melihat tindakan romantis pasangannya pada perempuan lain.

Jadi, seperti itu ternyata perempuan dan laki-laki sering mengartikan kata 'selingkuh'.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓